5 Pentingnya Portofolio Untuk Posisi Programmer

09 Aug 2024 10:31 136 Share

Penting bagi seorang programmer untuk memiliki hasil karya agar bisa dilirik oleh recruiter. Karena karya tersebut dijadikan penilaian seberapa besar kemampuan Anda dalam mengerjakan project tertentuPortopolio merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia kerja untuk mengembangkan karir seperti portopolio bagi seorang programmer. kenapa? karena portopolio sendiri merangkum/ringkasan informasi dalam berbagai hal seperti prestasi, hasil kerja, pengalaman atau pun pelatihan lainnya.

Portofolio programmer dapat dibuat dalam berbagai format, misalnya melalui website atau dalam format cetak. Kini, membuat portofolio programmer tidak hanya berasal dari hasil kerja Anda di sebuah perusahaan. Banyak freelancer saat ini merancang portofolio mereka sendiri untuk menarik klien secara mandiri.

Jadi, mengapa seorang programmer tetap membutuhkan portfolio?

1. Alat untuk Memperkenalkan Diri

Dalam dunia kerja portofolio merupakan alat yang sangat berharga untuk membedakan diri sendiri dan pesaing lain. Anda akan membutuhkan portofolio untuk memperkenalkan bagaimana hasil program yang Anda buat saat mencari kerja. Anda juga bisa menjadikannya alat promosi diri saat melakukan wawancara. Hal ini dapat meningkatkan peluang terpilihnya Anda sebagai karyawan yang diinginkan perusahaan.

Portofolio akan menjadi cara pertama dalam memperkenalkan keahlian Anda kepada orang lain.

2. Menunjukkan Project yang Anda Hasilkan

Portopolio yang bagus dan menarik membuat recruter membayangkan bagaimana hasil karya dari project mu. Dalam portofolio, hasil karya perlu diuraikan dan dijelaskan secara rinci. Anda juga dapat membuatnya dalam bentuk tautan atau galeri gambar. 

Misalnya, Anda dapat meniru Robby Leonardi, seorang programmer dan desainer front-end New York dengan portofolio yang  sangat unik. Coba gabungkan elemen permainan video ringan ke dalam portofolio yang menarik.

3. Dokumentasi Karya

Program yang berhasil Anda desain tentunya menjadi karya yang sangat penting. Jangan biarkan hasil karya Anda hilang begitu saja setelah project yang berlangsung usai. Jadikan sebuah portofolio sebagai metode mendokumentasikan karya tersebut. 

4. Memperlihatkan Kemampuan Problem Solving

Seorang programmer harus memiliki pemecahan masalah yang bagus sebagaimana memecahkan bahasa pemrograman. Butuh ketelitian coding dan kemampuan menyelesaikan permasalahan yang mungkin muncul di tengah berjalannya situs web atau pun aplikasi. Portofolio akan menjadi media yang menunjukkan kemampuan dalam memecahkan solusi Anda.

5. Memuat Kontak Anda

Apabila Anda mengunggah portofolio di sosial media dan portal pekerjaan, jangan lewatkan kolom kontak Anda. Dengan karya-karya yang Anda buat, tidak menutup kemungkinan orang lain tertarik untuk bekerja sama. Bisa saja Anda mendapatkan tawaran project, membuat Anda mendapatkan penghasilan tambahan dengan pekerjaan lepasan (Freelance) tersebut.

Untuk Anda yang tertarik dalam karir bidang pelayanan customer, baca juga ini:

7 Cara Meningkatkan Selling Skill Untuk Mencapai Target Penjualan