5 Pilihan Jenis Karir Yang Sesuai Dengan Kepribadianmu

15 Juny 2022 09:23 82 Share

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih karir. Dari sekian banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih jenis pekerjaan, satu yang sangat penting adalah kepribadian. Jika Kamu memilih pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian, pekerjaan akan terasa lebih efektif dan optimal. Berikut hal yang bisa Kamu pertimbangkan untuk memilih karir sesuai dengan kepribadian.

Baca juga: Pentingnya Call To Action dalam Digital Marketing

1. Pekerjaan Analitis

Jika Kamu merupakan tipe orang yang menyukai hal kritis, banyak menimbulkan pertanyaan dalam pikiran, dan menyukai teka-teki, pekerjaan berbau analitis akan cocok untukmu. Karena sebelum Kamu bertindak, Kamu akan lebih detail dalam memikirkan keputusan dan mengumpulkan banyak informasi sebelumnya.

Kriteria keberhasilanmu bisa diukur dan bersifat objektif. Kamu mungkin memerlukan waktu yang sedikit lebih lama dalam memutuskan sesuatu namun Kamu memutuskannya dengan akurat. Pekerjaan dalam bidang ini contohnya adalah peneliti, pekerja laboratorium, pengembang software, psikiater, dosen, dan pustakawan.

2. Pekerjaan Artistik

Bagi Kamu yang memiliki kepribadian artistik, memiliki daya imajinasi yang tinggi, intuisi yang tinggi, namun kurang suka melakukan aktivitas berulang, pekerjaan dalam industri seni adalah pilihan yang cocok. Pribadi ini biasanya pandai memecahkan masalah dan mampu memadukan sisi kreativitas dengan intuisi berdasarkan data. 

Biasanya, pribadi ini pintar mengolah berbagai informasi rasional dan dapat memproyeksikannya melalui hal yang artistik. Jenis pekerjaan ini meliputi designer, produser, editor, mural, dan sebagainya.

3. Pekerjaan Konvensional

Jika Kamu menyukai angka, penyusunan berkas, mengatur data, dan merapikan data, Kamu mungkin cocok untuk bekerja di jenis yang konvensional. Tipe orang dengan kepribadian ini suka dengan hal teratur dan memiliki organizing skill yang baik.

Beberapa pekerjaan jenis konvensional yang bisa Kamu geluti adalah pegawai bank, pegawai arsip, administrasi, pegawai pajak atau finance, dan berbagai back office lainnya.

4. Pekerjaan Hospitality

Tipe orang yang menyukai keramahtamahan merupakan mereka yang memiliki social skill baik. Mereka memiliki ciri-ciri pandai bergaul, pandai berbicara, bertanggung jawab, responsif, dan memiliki jiwa sosial.

Pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ini tentu berkaitan dengan interaksi dengan orang lain seperti konselor, pekerja sosial, terapis, psikolog, penasihat, perawat, dan pengajar.

5. Pekerjaan Enterprising 

Orang yang menyukai entrepreneurship atau berkaitan dengan wirausaha adalah tipe yang bekerja keras, ahli mengatasi orang lain, dan memiliki jiwa pemimpin. Mereka dapat beradaptasi dengan mudah terhadap lingkungan, suka tantangan, dan ambisius.

Jika Kamu merasa kepribadianmu cocok dengan ciri-ciri di atas, Kamu bisa menggeluti pekerjaan di bidang ini, seperti pengusaha, aktivis lingkungan, manajer, sales marketing, brand ambassador, dan politikus.

Dengan beberapa detail dan rekomendasi di atas, Kamu dapat mengetahui tipe kepribadian yang Kamu miliki. Kamu dapat dengan mudah memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan potensi dan kepribadianmu.