5 Tips Mengikuti Job Fair Bagi Para Pencari Kerja

01 Feb 2022 09:20 112 Share

Banyak sekali manfaat yang bisa Kamu dapatkan dengan mengikuti job fair. Kamu tidak cuma melamar beberapa pekerjaan besar ternama, tetapi juga bisa menambahkan informasi tentang perusahaan besar impian. Kamu harus dapat memanfaatkan momen ini agar bisa fokus melamar berbagai pekerjaan. Berikut ini tips yang bisa Kamu terapkan ketika mencari kerja.

Baca juga: 5 Manfaat Dari Microsoft Excel Dalam Dunia Kerja

1. Cari Informasi Perusahaan yang Ikut

Kamu harus terlebih dahulu mengetahui perusahaan mana yang menghadiri job fair tersebut. Kamu perlu melamar pekerjaan di perusahaan yang membuka lowongan paling sesuai dengan skill mu.

Selain fokus dengan perusahaan yang Kamu idam-idamkan, janganlah mengabaikan posisi yang mereka buka. Melamar pekerjaan yang tepat pasti akan memudahkan dalam proses rekrutmen tersebut. Terutama pada saat acara berlangsung, Kamu bisa langsung diwawancara oleh pihak perusahaan. 

2. Siapkan Dokumen Lengkap

Setelah memutuskan perusahaan mana yang ingin Kamu kunjungi, Kamu harus membawa semua dokumen penting. Beberapa diantaranya adalah CV atau resume, fotokopi kartu identitas, fotokopi ijazah, dan surat lamaran. Bawalah 5 - 10 rangkap dari setiap dokumen.

Beberapa perusahaan biasanya tidak menerima dokumen fotokopi dan harus menunjukkan dokumen asli, jadi harap membawa softcopy maupun dokumen aslinya untuk berjaga-jaga.

3. Pelajari Rute Lokasi Job Fair

Di acara yang ramai seperti ini, Kamu akan datang ke berbagai stand perusahaan. Kamu juga bisa saja berdesakkan di ruang yang kecil dengan pencari kerja lainnya. Oleh karena itu, pelajari rute lokasi atau denah lokasi sangatlah penting.

Pelajari jalan dari pintu masuk dan tentukan urutan stand yang akan dikunjungi. Dengan merencanakannya, Kamu dapat menghemat waktu dan fokus untuk melamar pekerjaan.

4. Datang Lebih Awal

Acara seperti bursa kerja biasanya dihadiri oleh ratusan jobseeker. Berpartisipasi dalam acara semacam ini dapat menyebabkan hectic pada waktu-waktu tertentu. Untuk mengatasinya, datanglah satu jam sebelum acara dimulai.

Waktu tersebut bisa Kamu lakukan untuk menghafal lokasi booth perusahaan, mempersiapkan promosi diri, maupun melakukan interaksi dengan orang lain sekaligus membangun koneksi.

5. Berbicara dengan Manajer HR 

Jika Kamu dapat berbicara langsung dengan anggota senior atau manajer HR yang hadir, jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Setiap anggota tim HR dapat memberikan semua informasi tentang perusahaan maupun posisi incaranmu. 

Manajer HR  adalah orang yang memiliki banyak pengaruh. Kamu bisa masuk dalam daftar perhitungan jika menunjukkan antusiasme dan dapat mempromosikan diri dengan baik.

Semoga tips di atas bisa membantu dalam melamar di acara job fair. Untuk mendapatkan tips karir lainnya, Kamu bisa mengunjungi halaman blog e-Recruitment ID. Job Portal Lowongan Kerja & Pengembangan Karir diseluruh indonesia. Platform teraman dan Profesional yang menghubungkan Talenta Terbaik seindonesia.