7 Skill Yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja 2023

05 Jan 2023 08:56 102 Share

Agar kamu tetap relevan dengan tren pekerjaan terkini, kamu harus bisa menguasai skill yg banyak dicari perusahaan di tahun 2023. Dengan mengetahui skill yang dibutuhkan di dunia kerja 2023, kamu dapat mengasah keterampilan berdasarkan aneka kompetensi. Berikut ini adalah skill yang dibutuhkan di dunia kerja 2023.

Baca juga: Kenali Kutu Loncat dalam Pekerjaan, Istilah Ramai di LinkedIn 

1. Digital Marketing

Digital marketing diperlukan sebagai cara marketing masa kini untuk menarik perhatian pelanggan dan memuatnya berada di deretan atas internet, baik itu sosial media atau mesin pencari. Karena menjadi pekerjaan yang banyak dibutuhkan perusahaan saat ini, keterampilannya juga memiliki kebutuhan yang tinggi.

2. Data Storytelling

Skill kerja berikutnya adalah kemampuan membacakan data secara bercerita agar mudah dipahami oleh semua orang. Dalam pengolahan data, bukan hanya kemampuan analisis data dan presentasi data yang dibutuhkan. Keterampilan data storytelling mencakup kemampuan bercerita dalam pemaparan hasil data yang didasarkan oleh penafsiran, pemahaman, dan pemilihan kata-kata presentasi.

3. Fleksibilitas Kognitif

Keterampilan yang satu ini diperlukan untuk pemecahan masalah yang kompleks dan perencanaan strategis. Fleksibilitas kognitif adalah kemampuan otak untuk beradaptasi dengan kejadian baru. Situasi yang berubah dan tidak direncanakan membutuhkan kreativitas, pemikiran logis, dan kepekaan terhadap masalah. Masih banyak job seeker yang belum menuliskan keterampilan ini di CV, padahal ini bisa menjadi contoh keterampilan dalam CV yang menarik.

4. Coding

Keterampilan ini umumnya dibutuhkan oleh industri IT. Di era digital, tak heran banyak perusahaan yang membutuhkan fitur ini bahkan dari luar industri IT. Coding berguna untuk mengembangkan perangkat lunak di berbagai bidang. Setelah pandemi, tingkat ketergantungan pada teknologi pun meningkat dan menyebabkan skill ini semakin dibutuhkan.

5. Kreativitas

Kreativitas adalah keterampilan yang tidak bisa digantikan oleh robot dan program. Seiring berkembangnya dunia digital, kemampuan ini semakin dibutuhkan untuk mengomunikasikan ide-ide menarik. Tidak perlu terburu-buru dalam mengembangkan keterampilan kreativitas. Kamu bisa belajar menguasai skill ini secara perlahan dan bertahap.

6. Graphic Design

Era yang bergantung dengan sosial media membutuhkan kemampuan graphic design yang baik. Kini, sekeliling kita dipenuhi oleh visualisasi konten. Kemampuan teknis dalam design, kreativitas dalam menyalurkan seni, serta kemampuan menerjemahkan brief ke bentuk visual adalah paket lengkap dari keterampilan graphic design

7. Berpikir Kritis

Kehidupan kerja membutuhkan pemikiran kritis secara rasional dan jernih tentang apa yang ingin Kamu putuskan. Untuk melakukan ini, Kamu harus pandai mengumpulkan, mengatur, memvisualisasikan, dan memahami berbagai masalah. Berpikir kritis akan menghasilkan solusi dan pemecahan masalah sehingga performa dalam kerja meningkat.

Itulah skill yang dibutuhkan di dunia kerja 2023. Jika Kamu seorang job seeker, selalu cari kerja di GO TALENTA. Berbagai lowongan ter-update dari berbagai industri bisa Kamu temukan hanya di Go Talenta.