Cara Mencari Kerja Online Yang Efektif

26 Oct 2022 09:36 91 Share

Mencari kerja di era digital ini tidaklah mudah. Persaingan secara online sangat tinggi karena metode yang praktis dan bisa diakses oleh siapa saja. Mencari kerja online bisa dilakukan dari berbagai platform. Karena canggihnya teknologi, Kamu bisa memilih platform mana yang paling efektif. Simak cara mencari kerja online agar maksimal berikut ini.

Baca juga: Bingung Buat Persiapan Psikotes? Simak 5 Tips Berikut Ini!

1. Menyiapkan Soft Copy

Seluruh dokumen yang berkaitan dengan lamaran kerja harus sudah Kamu siapkan versi soft copy-nya. Mulai dari CV, surat lamaran, ijazah, pas foto, portofolio, dan dokumen lain. Jika sudah memiliki soft copy lengkap, Kamu tinggal memilih platform mana yang paling nyaman untuk digunakan.

2. Cari Info Industri yang Diminati

Suatu industri biasanya memiliki cara umum dalam mencari karyawan. Contohnya seperti e-commerce dan startup yang cenderung membuka loker di situs web resmi mereka, BUMN yang memberikan info via sosial media official, atau bank yang membuka loker di salah satu job platform. Jika Kamu sudah paham karakteristik perusahaan di industri tersebut, Kamu bisa membuat akun di situs online sesuai dengan platform yang biasa digunakan.

3. Menata Sosial Media

Beberapa perusahaan melakukan background check dari sosial media kandidat. Coba untuk tidak mengunggah posting yang terlalu berlebihan dan membuat branding-mu jelek. Kamu bisa posting hasil karya, informasi, atau hal-hal positif lainnya. Jobseeker adalah kandidat pencari kerja yang harus selalu produktif. Sosial media pun bisa Kamu jadikan fasilitas dari portofolio.

4. Buat Akun di Berbagai Platform

Ada berbagai job platform di internet. Buatlah akun di situs yang Kamu percaya dan nyaman untuk Kamu gunakan. Go Talenta adalah salah satu marketplace lowongan kerja terlengkap dan praktis digunakan. Buat akun pencari kerja sekarang dan temukan lowongan paling update sesuai minat bakat sekarang juga.

5. Aktif Mencari di Sosial Media

Sosial media seperti Telegram, Facebook, LinkedIn, dan lainnya memiliki komunitas atau channel lowongan kerja yang up to date. Terkadang, Kamu bisa juga berhubungan dengan HR langsung. Bergabunglah dengan berbagai grup jobseeker yang aktif sharing lowongan terbaru.

Itulah cara mencari kerja online yang bisa Kamu terapkan. Beberapa perusahaan masih menggunakan metode konvensional dalam mencari karyawan baru. Akan tetapi, sudah lebih banyak pekerjaan yang diiklankan via online karena lebih efisien dan tentunya praktis.