Copywriter Merapat! Ini Dia Formula AIDA Dalam Copywriting

18 Jan 2023 09:23 106 Share

Salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan dan diminati adalah copywriter. Meskipun berkaitan dengan penulisan dan semua orang bisa menulis, ada beberapa teknik yang membedakan tujuan copywriting dengan penulisan biasa. Salah satunya adalah formula AIDA dalam copywriting. Berikut ini pembahasan lebih lanjut.

Apa Itu Pekerjaan Copywriter?

Copywriting adalah teknik penulisan yang dikembangkan oleh seorang penulis untuk mempromosikan suatu brand. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menarik perhatian, meningkatkan minat baca, dan berusaha memotivasi pembaca untuk melakukan tindakan yang disarankan oleh penulis. Menulis dengan teknik ini membutuhkan banyak pemikiran dan kreativitas.

Konten tertulis sangat efektif dalam menangkap minat pelanggan potensial. Namun, tidak semua orang memahami tata cara penulisan yang baik dan terstruktur. Seorang copywriter adalah orang yang bekerja menuliskan segala maksud tersebut. Model tulisan yang bisa berupa tulisan panjang maupun pendek.

Apa Itu Teknik AIDA?

formulasi aida copywriter

AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Teknik AIDA adalah komponen dalam copywriting yang mampu membuat teks atau konten yang mudah diingat, membangkitkan minat bahkan mempengaruhi orang lain setelah membaca teks atau konten tersebut. Inilah cara Anda dapat menerapkan formula AIDA untuk pembuatan konten copywriting.

  • Attention

Formula copywriting ini memiliki tujuan utama untuk menangkap perhatian audiences. Dilansir dari Entrepreneur, kita hanya memiliki 8 detik untuk menarik perhatian audience. Dalam 8 detik itu, orang akan memutuskan sebuah konten menarik dan lanjut membaca atau tidak menarik dan melewatkan konten tersebut.

Konten dianggap berhasil jika bisa menyampaikan pesan ke target pasar dalam 8 detik tersebut. Elemen yang bisa dijadikan penarik ini antara lain judul, gambar, dan kalimat pembuka. Maka dari itu, perhatikan dengan amat teliti pemilihan judul dan subheading dalam sebuah tulisan. Apalagi jika konten tidak memiliki visualisasi.

  • Interest

Selain menarik perhatian, Kamu juga perlu mendapatkan minat pembaca kontenmu terhadap iklan yang sedang jalankan. Ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan untuk menangkap minat pelanggan potensial antara lain informasi, fakta, studi kasus, statistik, kondisi ideal, dan alasan mengapa konsumen membutuhkan produkmu.

Beberapa contohnya seperti:

“Tempat loker terkini dari seluruh Indonesia, cuma di GO TALENTA

“Proses rekrutmen jadi lebih cepat dan serba otomatis”

  • Desire

Komponen ini hampir sama dengan interest. Di sini, kamu harus bisa membuat calon pelanggan benar-benar menginginkan produk yang ditawarkan. Salah satu tipsnya yaitu dengan menyebutkan beberapa keunggulan produk.

Atau tips lainnya adalah memancing emosi pembaca sekaligus memberikan solusi setelahnya. Contohnya seperti: “Baru lulus tapi masih nganggur? Pake Go Talenta aja, job portal dengan ribuan loker”

  • Action

Dalam sebuah promosi, kamu perlu meminta calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Bagaimana cara pembeliannya? Di bagian action ini lah kamu lakukan. Sering diberikan istilah Call to Action, kamu harus tau dulu ke arah mana audiens akan dibawa. Apakah untuk menelpon, sign up, download, atau hal lainnya.

Bukan cuma copywriter, posisi lain di bidang marketing sering menggunakan rumus AIDA untuk menulis teks iklan. Formula AIDA dalam copywriting bisa mengoptimalkan proses promosi jika dilakukan sesuai relevansi dan target pasar.

Jika kamu sedang mencari lowongan copywriter baik untuk pemula sampai profesional, segera cari di GO TALENTA. Job portal yang mudah digunakan dan memiliki banyak loker terbaru setiap harinya.