Ketahui Manfaat Follow Up Lamaran Kerja

10 Mar 2022 09:08 72 Share

Pernahkah Kamu merasa bimbang setelah beberapa waktu tidak mendapat respon dari lamaran kerja yang dilamar? Namun Kamu juga bingung ingin menanyakannya atau tidak ke perekrut. Sebelumnya, Kamu harus mengetahui Cara Follow Up Lamaran Kerja Secara ProfesionalBerikut ini manfaat follow up lamaran kerja yang akan dibahas pada artkel dibawah ini.

Baca juga: Pertanyaan Yang Bisa Kamu Ajukan Saat Interview HR
  • Menunjukkan Antusiasme

Kamu bisa menunjukkan minat dan semangat untuk bekerja pada posisi maupun kantor tersebut. Namun penting untuk menjaga sikap agar tidak terlihat berlebihan. Kamu bisa menanyakan feedback terhadap sesi wawancara sebelumnya.

Tindakan follow up yang sopan dan tidak berlebihan akan membantu perekrut untuk melihat seberapa tertarik Kamu. Akan bermanfaat sebaliknya juga yaitu membuat Kamu melihat seberapa besar peluang lamaran kerjamu ditindak lanjuti.

  • Menunjukkan Itikad Baik

Follow up lamaran kerja biasanya diawali dengan ucapan terima kasih singkat dan sopan, yang artinya sebagai calon karyawan baru Kamu telah menunjukkan sikap dan itikad baik seorang pelamar kerja. 

Maka dari itu penting bagi kamu untuk menyusun beberapa kalimat pendek yang rapi sebagai ucapan terima kasih kepada pewawancara atas waktunya. Ini juga bisa menciptakan koneksi yang baik antara Kamu dan perekrut.

  • Menyampaikan Informasi yang Terlewat

Terkadang ketika melakukan wawancara kerja, Kamu merasa gugup. Terdapat kekurangan-kekurangan atau terlewatnya poin penting yang seharusnya Kamu terangkan.

Dengan melakukan follow up, Kamu bisa memanfaatkan momen untuk menyampaikan informasi yang kurang. Kamu juga memiliki kesempatan singkat untuk menanyakan pertanyaan terkait posisi atau proses rekrutmen.

Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum Kamu melakukan follow up dari lamaran kerja, ada baiknya Kamu memahami bahwa maksud dari tindakan ini adalah untuk menanyakan tindak lanjut. Kamu harus memastikan dulu beberapa hal berikut ini:

  • Sopan dan formal
  • Jangan kecewa jika tidak mendapatkan jawaban
  • Pastikan perusahaan belum memberitahu timeline rekrutmen
  • Dilakukan setidaknya 7-14 hari setelah wawancara

Mencatat lamaran yang sudah Kamu ajukan itu sangat penting agar dapat memonitor progress lamaran dengan baik. Jika Kamu melamar kerja dengan job portal yang lengkap, Kamu akan menemukan fitur pencatatan seluruh lamaranmu.

go talenta lamaran saya follow up

Salah satu job portal dengan fitur ini adalah Go Talenta. Job Portal Lowongan Kerja & Pengembangan Karir diseluruh indonesia. Platform teraman dan Profesional yang menghubungkan Talenta Terbaik seindonesia. Kamu bisa melihat seluruh lamaran kerja sesuai waktu melamar di halaman Lamaran Saya. Kamu juga bisa melihat tahapan tindak lanjut dari seluruh lamaran kerja yang Kamu ajukan.

Itulah beberapa hal yang bisa Kamu ketahui mengenai follow up lamaran kerja. Ingatlah bahwa follow up bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan semangatmu untuk bergabung ke suatu perusahaan.