Manfaat Dari Mentor Karir Dalam Pengembangan Karir

14 Mar 2022 09:12 108 Share

Career mentoring atau pendampingan karir merupakan konsultasi dan pendampingan tentang karir dengan orang profesional didunia kerja. Sebagai orang yang masih mengawali karir atau para lulusan perguruan tinggi, seringkali rasa kurang percaya diri dan tidak tau arah melanda. Banyak anak muda yang masih tidak mengenal passion diri sehingga menghambat langkah utama karir. Dengan ini, mentor karir memiliki peran penting untuk membantumu. Berikut ini beberapa manfaat manfaat dari mentor karir dalam pengembangan .

Baca juga: Pertanyaan Yang Bisa Kamu Ajukan Saat Interview HR
  • Pembelajaran dari Pengalaman Langsung

Seorang yang dipercaya sebagai seorang mentor karir harus berbagi semua pengalaman sukses mereka. Mentor karir akan memandu Kamu melalui study case di kantor dan memberikan banyak informasi yang berguna untuk kemajuan karir untuk masa depan. 

Kamu tidak perlu khawatir untuk bertanya dan membagi sudut pandangmu di suatu persoalan tentang karir. Mentor yang baik akan dengan senang hati untuk membantu, mensupport dan mengarahkan mu dengan baik.

  • Mengembangkan Relasi

Selain dapat membangun hubungan yang baik dengan mentor karir profesional mu, Kamu juga memiliki kesempatan untuk memperluas relasi dengan lebih banyak orang yang luar biasa.

Mentor karir yang berpengalaman tentunya memiliki koneksi yang luas. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membagun koneksi yang baik, sebanyak-banyaknya dan belajar dari mereka untuk prospek pekerjaan di masa depan karirmu.

  • Pemberi Semangat

Saat Kamu mengalami kesulitan mengenai persoalan pekerjaan, akan ada mentor yang siap mendengarkan dan kembali membangkitkan semangat mu. Dalam hal ini mentor bisa memiliki fungsi insentif dan resolusi. 

Memberikan gambaran dan juga jawaban tentang langkah apa yang harus Kamu ambil kedepannya? Bagaimana menghadapi kegagalan ini? Selain itu mereka juga ada untuk mengapresiasi semua usaha-usahamu.

  • Membantu Memberi Arahan

Setiap orang memiliki mimpi atau cita-cita termasuk dalam jenjang karir. Mentor ada untuk membantu mempermudah tujuan tersebut.

Misalnya, Kamu ingin menargetkan untuk menjadi seorang manajer dari suatu perusahaan. Namun Kamu masih bingung langkah awal apa yang harus dilakukan? Kamu juga bisa tanyakan kepada mentor karir mengenai seluruh langkahnya dari step yang paling awal.

  • Membentuk Keterampilan

Mentor karir yang baik dapat bisa melihat potensi dalam diri muridnya. Mereka juga biasanya sudah bisa membaca keterampilan apa yang dimiliki seseorang dan apa yang bisa dikembangkan dari potensinya. Dengan ini Kamu bisa menentukan arah tujuan karir pada masa depan dan mengasah keterampilan diri.

Jika kamu berminat, Kamu bisa mencari mentor karir dari berbagai situs online pengembangan keterampilan profesional. Coba carilah mentor  karir yang paling sesuai dan berkompeten dengan tujuan karirmu supaya memudahkan jalan karir sejak awal.