Pertanyaan Yang Bisa Kamu Ajukan Saat Interview HR

09 Mar 2022 09:02 77 Share

Ketika Kamu sudah melalui serangkaian beberapa wawancara kerja, mungkin tanpa disadari biasanya seorang pewawancara memiliki pola. Ketika proses wawancara kerja hampir selesai, biasanya pewawancara memberi kesempatan untuk kandidat bertanya. Banyak orang melewatkan kesempatan bertanya ini. Hindari mengatakan "tidak ada" atau "cukup", hal itu akan membuat Kamu terkesan kurang antusias. Ingatlah bahwa pertanyaan itu penting sebagai tahap yang menentukan dan harus digunakan secara maksimal. Berikut ini beberapa pertanyaan yang bisa Kamu ajukan.

Baca juga: Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Mengirim Lamaran Kerja
  • Seputar Detail Posisi

Sebagai calon pekerja di suatu perusahaan pada posisi tertentu, Kamu harus mengetahui dengan sangat detail mengenai pekerjaanmu nanti. Kamu bisa bertanya seputar pekerjaan apa yang akan Kamu kerjakan, bagaimana alur pemberian job, tanggung jawab pekerjaan, wewenang pekerjaan, atau sampai bertanya berapa orang dalam satu tim.

  • Budaya Perusahaan

Kamu harus mengetahui setidaknya dasar informasi perusahaan yang Kamu lamar. Tetapi, Kamu juga bisa memanfaatkan momen wawancara kerja untuk mengulik lebih dalam, lebih dari sekedar informasi dasar yang bisa Kamu temukan melalui web perusahaan tersebut.

Coba juga tanyakan yang lebih detail seputar misi dan visi perusahaan, bagaimana kebiasaan sehari-hari karyawan secara umum, bagaimana cara penilaian kinerja karyawan, atau apa target keinginsn perusahaan kedepannya.

  • Mengenai Jenjang Karir

Suatu posisi yang baik seharusnya memiliki jenjang karir bagus di dalamnya. Tanyakan juga apa yang bisa Kamu dapat di posisi tersebut untuk ke depannya nanti. Ini bisa menunjukkan bahwa Kamu sangat tertarik untuk berkomitmen dalam jangka panjang.

Beberapa topik pertanyaan bisa mencakup apa saja yang bisa Kamu raih dalam posisi tersebut dalam suatu waktu, aspek penilaian perusahaan untuk promosi karyawan, atau bagaimana jenjang karir posisi tersebut.

  • Fasilitas Perusahaan

Meskipun ada beberapa lowongan yang sudah mencantumkannya, Kamu bisa coba tanyakan kembali agar lebih pasti dan meyakinkan dirisendiri. Kamu bisa bertanya seputar tunjangan fasilitas seperti ketersediaan mobil dinas saat dibutuhkan, tempat tinggal, flesibel jadwal kerja, tunjangan kesehatan, laptop atau perangkat penunjang lainnya, atau apakah disediakan juga kelas training.

  • Kelanjutan Recruitment

Berikutnya, Kamu juga bisa menanyakan  bagaimana timeline recruitment diperusahaan tersebut. Ini akan membuatmu lebih pasti dalam menunggu keputusan dan sebagai pengingat pula bagi pihak perusahaan. Coba juga ajukan pertanyaan seperti tahapan selanjutnya bagaimana, lama waktu menunggu keputusan dari perusahaan tersebut, dan berapa banyak kebutuhan perusahaan akan karyawan di posisi tersebut.

Bertanya dalam wawancara kerja membuatmu tidak terlihat pasif, ingat jangan terlalu agresif. Selain itu, Kamu juga bisa mengenal calon tempat kerjamu lebih baik lagi. Kamu harus memanfaatkan waktu ini sebaik-baiknya agar berhasil diterima di perusahaan impianmu.