Rekrutmen BUMN Batch 2 Dibuka! Simak Tips Melamar Loker BUMN

12 Dec 2022 09:00 69 Share

Lowongan kerja BUMN tahun 2022 kembali dibuka dari tanggal 1 Desember sampai 7 Desember. Kesempatan ini tidak boleh disia-siakan oleh para jobseeker. Jumlah pelamar tentu mencapai ribuan orang, maka dari itu, tahapannya pun cukup panjang. Ada strategi dan tips tertentu yang bisa Kamu terapkan agar lolos tahap administrasi awal. Berikut ini tips melamar loker BUMN buat para jobseeker.

Baca juga: Tertarik Jadi Web Developer? Pahami Peran dan Pekerjaan Web Developer

1. Menyiapkan Semua Softcopy Berkas

Website lowongan BUMN sendiri memiliki traffic yang tinggi sehingga mungkin akan sulit diakses pada beberapa waktu tertentu. Menyiapkan semua berkas dalam bentuk softcopy bisa mempercepat proses pendaftaran mu serta lebih efektif. Siapkan berkas yang biasa dibutuhkan dalam rekrutmen seperti ijazah, transkrip nilai, KTP, sertifikasi, dan sebagainya.

Saat sudah disiapkan dengan lengkap, Kamu bisa mengingat-ingat kembali jika ada yang kurang dan melengkapinya. Selain itu, pastikan size dokumen tidak terlalu besar dan formatnya sesuai. Maka dari itu, coba cari tau ketentuan loker BUMN tentang persyaratan dokumen.

2. Melengkapi Seluruh Kategori

Data diri, data pendidikan, data keluarga, dan lainnya harus dilengkapi karena Kamu bisa ditolak pada seleksi administrasi jika ada data yang kurang. Data ini adalah CV-mu, maka jangan sampai ada informasi tidak lengkap. 

Data yang wajib diisi biasanya bertanda bintang, namun tidak ada salahnya jika data lain dilengkapi. Karena sainganmu berasal dari seluruh Indonesia, coba upload sertifikasi prestasi agar ada keunggulan dari dirimu sendiri.

3. Mengisi Bagian Deskripsi Pengalaman

Bagian ini tidak diberikan minimum atau maksimum karakter. Namun, akan lebih baik jika Kamu mengisinya dengan lengkap, singkat, dan jelas. Jabarkan 3 sampai 4 poin dari job desc yang Kamu lakukan.

Jangan lupa untuk menuliskan target atau hasil yang berhasil dicapai. Gunakan kata kerja aktif supaya lebih meyakinkan. Jika Kamu adalah fresh graduate, tuliskan pengalaman organisasi atau project yang berhasil Kamu selesaikan.

4. Kenali Perusahaan Tujuan

Tips melamar loker BUMN berikutnya adalah cari informasi lebih dalam dari perusahaan tujuan. Setelah seleksi berkas, Kamu akan dihadapi dengan seleksi interview. Pahami mengenai perusahaan BUMN dan jabatan yang telah dipilih. 

Lakukan ricek perusahaan dan kualifikasi di posisi yang Kamu lamar. Hal yang bisa Kamu cari tahu seperti budaya perusahaan, sejarah, serta visi dan misi. Ini memungkinkan Kamu untuk menunjukkan antusiasme yang besar saat interview

5. Berlatih Tes Masuk

Next, persiapkan juga berbagai ujian masuk BUMN. Setelah lolos seleksi BUMN bagian manajemen, Kamu akan menghadapi ujian jenjang berikutnya, yaitu ujian keterampilan dasar (TKD) dan ujian keahlian spesialis (TKB).

TKD dirancang untuk mengukur kemampuan dasar dalam berpikir verbal, numerik, logis dan analitis. Pada saat yang sama, TKB mencoba menguji calon pegawai BUMN untuk menilai kesesuaian keahliannya dengan posisi yang dibuka. Coba belajar dari internet, buku, atau mengambil les online.

Itulah tips melamar loker BUMN yang bisa Kamu terapkan. Jika Kamu mencari lowongan kerja dari berbagai jenis perusahaan, segera cek Go Talenta. Terdapat loker dari seluruh kategori kepegawaian dan lokasi kerja sehingga bisa menyesuaikan dengan minat dan bakatmu.