4 Cara Buat CV Menarik Yang Mudah Dan Up To Date

27 Jan 2023 09:40 33 Share

Seringnya, HRD perusahaan hanya membutuhkan 10 detik untuk melakukan screening CV para kandidat untuk menentukan apakah mereka memenuhi syarat untuk wawancara atau tidak. Nah, karena menjadi komponen pertama dalam proses rekrutmen, CV harus dibuat dengan baik dan menarik. Berikut ini tips buat CV menarik dan mudah yang bisa kamu coba.

Baca juga: 7 Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja 2023

1. Menggunakan Template Microsoft Word

Microsoft Word memiliki banyak template CV yang bisa kamu gunakan. CV bawaan dari Ms Word ini bisa kamu temukan dengan cara klik dokumen baru, klik Sample Template, lalu pilih Resume and Cover Letter, pilih template yang ingin kamu gunakan, terakhir klik Create.

Cara ini sangat praktis karena kamu cukup mengisi data sesuai dengan kebutuhan. CV dari template Ms Word juga cenderung ramah ATS atau bisa terdeteksi oleh software ATS yang sering digunakan HR.

2. Canva

Canva adalah salah satu tools untuk desain yang sudah banyak digunakan. Selain untuk desain, ada template untuk buat CV menarik. Ada banyak template desain CV yang bisa kamu kreasikan.

3. Menggunakan Template dari Internet

Jika koleksi template CV dari Microsoft Word kurang memuaskan, Anda bisa mencari template baru dari website resmi Microsoft atau website penyedia template CV lainnya. Kini, terdapat banyak online template yang bisa kamu edit langsung di situs tersebut.

Pilihan yang diberikan beragam dan biasanya disesuaikan dengan posisi yang akan kamu lamar. Bahkan ada beberapa yang menyediakan template portofolio sekaligus. Jika kamu akan melamar ke posisi yang berkaitan dengan desain, portofolio akan sangat dibutuhkan.

4. Menggunakan Situs Pencari Kerja

Situs pencari kerja yang lengkap memiliki fitur profile digital agar memudahkan perekrut untuk menyeleksi kandidat. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi CV digital. Seperti halnya GO TALENTA

Fitur i-profile di GO TALENTA berisi informasi seperti apa yang ada di CV. Tampilannya lebih mudah dipahami dan informatif. Jika kamu melamar kerja via GO TALENTA, lamaranmu akan lebih berpotensi dilirik HR.

Hal yang Harus Ada dalam CV

Dalam langkah langkah membuat CV, kamu harus memastikan adanya hal berikut ini:

  • Biodata

Di bagian ini kamu bisa menuliskan nama lengkap, alamat, informasi kontak, dan media sosial. Kamu harus menuliskan informasi ini agar perusahaan dapat lebih mudah menghubungimu. Namun, ada beberapa informasi pribadi yang tidak boleh kamu berikan jika tidak diminta, seperti nomor KTP, status perkawinan, suku, dan informasi sensitif lainnya. Tujuannya adalah untuk menjaga objektivitas HR.

  • Pendidikan dan Organisasi

Di bagian ini, hanya tuliskan pendidikan terakhir saja seperti SMA atau perguruan tinggi. Sebutkan nama institusi dan jurusan. Kamu juga dapat menambahkan nilai akhir atau IPK sebagai nilai tambah.

Jika kamu menjadi anggota di sebuah organisasi selama studi tersebut, kamu juga bisa menyebutkan pengalaman organisasi di CV. Cantumkan posisi dan jabarkan kontribusimu.

  • Pengalaman Kerja

Urutkan pengalaman kerja berdasarkan yang terbaru ke yang terlama. Sertakan nama perusahaan, posisi, tahun bekerja dan deskripsi pekerjaanmu. Jika kamu fresh graduate, kamu bisa menuliskan pengalaman magang, part time, atau freelance

  • Prestasi dan Skill 

Selanjutnya, tunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang baik untuk pekerjaan itu dengan menunjukkan prestasimu. Cantumkan keterampilan atau prestasi yang kamu capai sesuai dengan kualifikasi pekerjaan.

Hindari menuliskan indikator kemampuanmu dengan simbol. Berikan pengukuran yang jelas, misalnya ahli, sedang, atau pemula. Kamu juga bisa memaparkan validitas yang mendukung kemampuan tersebut seperti sertifikat kursus.

  • Portofolio

Biasanya, orang melampirkan portofolio dalam bentuk file yang berbeda. Portofolio adalah hasil karya dari pekerjaanmu. Biasanya, posisi yang membutuhkan portofolio adalah designer, content creator, web designer, dan sebagainya. Posisi lainnya pun terkadang membutuhkan portofolio, tergantung pada persyaratan lamaran dari perusahaan. Baca juga Tips Membuat Portofolio Profesional.

Itu dia beberapa cara buat CV menarik dan hal yang bisa kamu masukkan di dalamnya. Kamu bisa mengaplikasikannya dan menjadikan panduan di atas sebagai referensi. Semoga CV yang kamu buat dapat menarik minat HR dan tentunya up to date sesuai dengan posisi yang kamu lamar.