5 Cara Memaksimalkan Penggunaan Situs Lowongan Kerja Bagi Pencari Kerja

20 Dec 2021 10:03 55 Share

Situs lowongan kerja kini sudah sangat handal dan profesional, dapat digunakan dengan sangat praktis serta efisien. Anda dapat mencari kategori yang sesuai dengan minat, lokasi, maupun keahlian Anda

Dalam menggunakan situs-situs tersebut, Anda harus mengikuti peraturan dan persyaratan masing-masing situs agar aplikasi Anda menonjol dari pelamar lainnya. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menemukan pekerjaan di situs pencarian kerja.

Agar lebih profesional, baca juga Apa Fungsi Personal Branding Dalam Peningkatan Karir?

 

1. Unggah CV 

Melamar via situs lowongan kerja tetap membutuhkan CV. Buatlah CV yang ATS friendly agar lebih mudah terbaca oleh sistem. Di beberapa situs, Anda dapat mengunggah CV yang ada dari komputer Anda hanya dengan satu klik.

Siapkan juga CV dalam format PDF. Untuk situs web lain, Anda mungkin perlu menyalin resume Anda dan menempelkannya ke profil Anda, atau menggunakan pembuat resume yang dimasukkan dalam sistem aplikasi.

2. Isi Data Selengkap Mungkin

Walaupun sudah mengunggah CV, situs pencari kerja biasanya memiliki laman profil bagi pencari kerja. Isi setiap data yang dibutuhkan karena kebanyakan situs mengedepankan profil Anda. Perusahaan akan melihat profil Anda terlebih dahulu sebelum mengunduh CV yang Anda siapkan sebelumnya.

Data tersebut juga akan membuat Anda lebih mudah ditemukan oleh recruiter. Lowongan-lowongan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda juga akan tersaji secara otomatis sehingga memudahkan Anda untuk menemukan peluang.

3. Masukkan Keyword Posisi yang Anda Minati

Cara ini juga menjadi cara yang paling efektif. Anda bisa menggunakan keyword atau kata kunci posisi tertentu untuk menemukan pekerjaan di bidang minat atau industri Anda. Terlebih lagi jika bidang pekerjaan Anda tidak biasa dan sangat spesifik.

Keyword biasanya lebih efektif daripada menggunakan opsi pencarian yang telah ditentukan situs pekerjaan karena harus mencari seluruh daftar kategori. Selain itu, akan memudahkan Anda mem-filter rekomendasi lowongan untuk Anda kedepannya.

4. Nyalakan Fitur Pengingat (Alert)

Sekarang hampir semua situs lowongan kerja dilengkapi dengan fitur pengingat ata alert saat ada lowongan baru yang paling sesuai dengan Anda. Biarkan fitur ini menyala sehingga Anda akan mendapatkan pemberitahuan baik di laman profil maupun via email.

Dengan pengingat ini, Anda bisa menjadi pelamar di awal-awal lowongan dibuka. Besar kemungkinannya untuk lowongan Anda dilihat pertama. Anda tidak akan ketinggalan melamar dan melewatkan tanggal lowongan tersebut.

5. Siapkan Dokumen Pendukung

Kelengkapan dokumen akan menjadi penunjang profesionalisme Anda di mata recruiter. Agar lamaran kerja lolos dan lanjut ke tahapan berikutnya, pastikan dokumen lamaran kerja yang dibutuhkan sudah memenuhi syarat.

Selain CV, siapkan juga surat lamaran kerja (cover letter), dokumen pribadi seperti sertifikat, transkrip nilai, hingga portofolio. Kelengkapan dokumen terkadang menjadi salah satu syarat situs lowongan kerja yang harus Anda penuhi sebelum melamar setiap posisi di dalam situs tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan situs pencari kerja. Kini Anda juga bisa memanfaatkan job portal Go TalentaJob portal yang memiliki berbagai fitur utama dalam memudahkan para jobseekers menemukan pekerjaan impian.