5 Rekomendasi Tools Untuk UX/UI Designer

23 Mar 2022 09:17 110 Share

Pekerjaan yang mulai diminati dalam dunia teknologi dan informasi salah satunya yaitu UI/UX. Dari dasar kata UI yaitu User Interface dan UX yaitu User Experince merupakan pekerjaan yang berfokus pada perangkat lunak seperti aplikasi dan juga website. Desain UI/UX merupakan salah satu komponen terpenting saat membuat website. Ada banyak alat yang dapat digunakan untuk membantu UI/UX designer dalam proses pembuatan prototype dan desain website. Berikut ini beberapa tools untuk UI/UX designer yang mudah untuk Kamu gunakan.

Baca juga: Tips Membuat Portofolio Lamaran Kerja Yang Profesional

1. Adobe XD

Tentunya dalam membangun sebuah aplikasi, seperti website, mobile, atau aplikasi desktop, ada tahapan dari upstream hingga downstream. Coding hanyalah bagian dari tahap perencanaan aplikasi. 

Adobe XD adalah perangkat lunak perancang desain yang berbasis vektor. Adobe XD memberikan fokus aplikasi untuk membuat prototype web, mobile apps, dan website. Software ini mendukung wireframing situs web dan pembuatan prototipenya. Tools yang disediakan lengkap yang dapat digunakan seperti workflows, pembuatan elemen, transisi animasi, dsb.

2. Figma

Figma merupakan aplikasi berbasis web, maka dapat digunakan di semua jenis platform, seperti Windows. Selain itu, alasan utama Figma sangat populer adalah karena tools ini memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan banyak pengguna untuk melakukan perubahan desain secara bersamaan tanpa harus mengunduh file terlebih dahulu. Figma memiliki fitur seperti: Modern pen tool, Instant arc designs, OpenType, Less manual resizing, Stretch to fill, Plugin, Widget, Easy developmen, Private extensions, Unlimited viewers dan Inspect design file

3. Sketch

Sketch adalah aplikasi desain digital yang dirilis khusus untuk sistem operasi macOS. Alat prototype UI/UX designer memiliki symbols and libraries yang dapat Kamu gunakan untuk membuat komponen desain dan mengubahnya menjadi simbol. Kamu dapat menggunakannya sesering yang Kamu suka tanpa harus membuatnya dari awal. Beragam fitur yang dapat digunakan seperti : desain ikon, prototyping, membuat user flow, dan lain-lain

4. Webflow

Desain web webflow tanpa coding adalah aplikasi cloud dengan teknologi yang memudahkan pembuatan perangkat lunak dan sejenisnya tanpa mencampur kode yang rumit dengan gambar visual atau antarmuka yang lebih ramah pengguna. Seret dan lepas alat ini dan kode akan secara otomatis ditulis oleh Webflow. Tools UI/UX designer ini menyediakan beberapa template yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, Webflow memudahkan untuk melakukan proses mockup sesuai keinginan dan preferensi.

5. Marvel

Marvel adalah alat prototyping untuk desainer web yang cocok untuk pembuatan cepat dan instan. Tools ini dapat dengan cepat mengimplementasikan kebutuhan desainer produk dalam pembuatan prototype. Marvel diperkaya dengan fitur responsif dan serbaguna.

Itulah 5 tools untuk UI/UX designer yang bisa gunakan dan dapat menjadikan referensi kamu. Tentunya pemilihan tools harus disesuaikan dengan kebutuhan dan desain web/aplikasi yang ingin dibuat.