5 Skill Utama Profesi Akuntan Perusahaan 

05 Aug 2023 20:30 63 Share

Akuntan adalah sebuah profesi yang di mana memiliki peranan penting bagi sebuah perusahaan, karena seorang akuntan mempunyai tanggung besar terkait keuangan kantor. Akuntan perusahaan memiliki tanggung jawab dalam mengatur masuk dan keluarnya uang di suatu perusahaan tersebut. 

Tugas seorang akuntan untuk memonitoring dan mencatat aliran keuangan dalam sebuah kantor. Tugas lainnya harus lah memastikan seluruh transaksi sah dan dapat dipertanggung jawabkan. Selain keterampilan akuntansi secara teknis, kemampuan yang diperlukan juga mencakup beberapa skill utama akuntan. Untuk lebih jelasnya, baca artikel di bawah ini.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Keluhan Pelanggan Dengan Profesional

1. Keterampilan Mengoperasikan Excel

Dengan perkembangan ternologi saat ini yang semakin maju, seorang akuntan haruslah menguasai teknologi yang berkaitan dengan pekerjaan, seperti penggunaan aplikasi microsoft excel. Kemampuan mengoperasikan microsoft excel adalah hal wajib untuk dikuasai akuntan perusahaan. Data keuangan sebuah perusahaan sudah pasti sangat banyak. Mesin pengolah angka yang paling umum hingga saat ini adalah excel.

Anda setidaknya harus bisa memahami beberapa dasar-dasar excel seperti rumus-rumus vlookup, hlookup, pivot table, rumus hitungan dasar matematika, IF, dll. 

2. Fokus yang Tinggi

Sebagai seorang akuntan, Anda juga harus memiliki tingkat fokus dan konsentrasi yang tinggi. Dengan fokus dan konsentrasi yang tinggi dapat membantu performa kinerja, Karena selalu berkaitan dengan angka, fokus Anda pun akan dilatih di sini. Kesalahan kecil bisa berakibat fatal bagi hasil laporan. Latih fokus dan konsentrasi Anda jika Anda berminat menjadi akuntan.

3. Kemampuan Mengolah Angka dan Data

Berhitung tentu menjadi kemampuan utama seorang akuntan. Selain itu, tugas seorang akuntan juga meliputi penyajian laporan keuangan perusahaan dalam bentuk data. Maka dari itu, sebagai seorang akuntan, Anda harus mampu menganalisis data, terutama data berisi angka.

4. Kemampuan Logika

Profesi akuntan tidak mengandalkan hipotesis dan asumsi, tetapi membutuhkan logika. Kemampuan logis ini memungkinkan untuk menganalisis data dan memecahkan masalah untuk menemukan solusi yang berarti. Dengan masalah yang berhubungan dengan pekerjaan, Anda harus bisa berpikir logis untuk menyelesaikannya. 

5. Team Player

Banyak gambaran akan akuntan kebanyakan pengolah data berada di belakang meja kerja sepanjang hari. Kini, seorang akuntan perusahaan kebanyakan berorientasi pada sebuah tim. Para akuntan juga menulis laporan keuangan dengan departemen akuntansi atau tatap muka dengan beberapa klien. Penting juga bagi Anda untuk mampu menunjukkan kepemimpinan kelompok dan interpersonal skill yang baik.

Itu dia beberapa skill utama yang harus dimiliki seorang akuntan. Jika Anda tertarik untuk bekerja di posisi ini, segera cari loker terbaru akuntan di Go Talenta. Anda bisa mengoptimalkan filter lowongan agar sesuai dengan minat, lokasi, range gaji, maupun pendidikan Anda.