5 Skill Utama Yang Dibutuhkan Marketing Communication

23 Jul 2024 10:34 53 Share

Marketing communication atau marcom adalah segala sesuatu dalam bentuk pesan ataupun media yang digunakan perusahaan dalam penyampaian pemasaran guna untuk berkomunikasi dalam target pasar. Tujuannya adalah untuk meningkatan penjualan perusahaan. Peningkatan pendapatan juga dapat dipengaruhi oleh kinerja dari marcom. 

Hal terpenting dalam konsep komunikasi pemasaran di sini yaitu bagaimana seseorang dapat memasarkan ke sasarannya. Jika pemasaran cukup menarik, Anda tidak hanya akan mendapatkan kesempatan untuk menjual produk, tetapi pelanggan bisa berminat untuk melakukan pembelian kembali.

Kamu harus baca: 7 Cara Meningkatkan Selling Skill Untuk Mencapai Target Penjualan

Perhatikan beberapa skill utama untuk menjadi marketing communication yang unggul.

1. Public Speaking

Kemampuan public speaking sangat dibutuhkan seorang marcom lantaran kebanyakan tugasnya membutuhkan kemampuan berbicara. Anda akan selalu dituntut untuk percaya diri di depan orang banyak sambil berbicara dan menyampaikan mengenai produk Anda. Komunikasi yg lancar mampu memberi kesan positif dan mengajak konsumen semakin ingin memahami produk yang dimiliki perusahaan.

2. Berpenampilan Menarik

Yang dimaksud di sini adalah kemampuan dalam menampilkan kerapihan diri. Anda harus mampu terlihat rapi, tidak kaku, dan menyesuaikan target audiens Anda. Penampilan Anda juga bisa merepresentasikan perusahaan loh. Jangan sampai penampilan yang berantakan dan tidak enak dilihat menumbuhkan kesan buruk dari konsumen.

3. Mampu Menyusun Strategi

Kondisi pasar tidak selalu sama dan suka terus berubah-ubah. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan strategi yang tepat untuk menghindari kesalahan dalam pemasaran Anda. Sementara itu, tidak semua orang bisa melakukan strategic development yang baik. Maka dari itu, sebagai marcom, cobalah latih skill perencanaan strategi Anda.

4. Peka Terhadap Orang Lain

Sensitif dan peka terhadap orang lain akan membantu agar lebih bisa memahami orang lain alami dan di rasakan. Peka terhadap orang lain merupakan keterampilan ini berkaitan dengan empati. Kepekaan dan kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan konsumen juga merupakan keterampilan yang diperlukan. Dalam menyampaikan respon kepada konsumen, Anda juga harus bisa menunjukkannya melalui komunikasi nonverbal seperti body language, ekspresi wajah, dan suara. 

5. Negosiasi

Marketing communication juga membutuhkan keterampilan tawar-menawar atau negosiasi. Marcom bertanggung jawab untuk bernegosiasi dengan konsumen dan calon pelanggan untuk menemukan titik tengah yang saling menguntungkan. Pemasaran Anda tidak selalu berjalan mulus, terkadang banyak persoalan dan pertanyaan klien yang membutuhkan pemecahan negosiatif agar Anda tetap bisa meyakinkan mereka.

Jika Anda berminat untuk menjadi marcomm, segera cari lowongan kerja posisi ini di Go Talenta. Job Portal Lowongan Kerja & Pengembangan Karir diseluruh indonesia. Platform teraman dan Profesional yang menghubungkan Talenta Terbaik seindonesia. Kamu bisa menemukan lowongan terkini dari berbagai wilayah maupun perusahaan.