6 Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil

13 Juli 2022 09:20 98 Share

Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan/desain, produksi, manajemen/pengelolaan dan konservasi berbagai fasilitas. Artinya lulusan teknik sipil harus menguasai ilmu terkait desain (saat mendesain), konstruksi (saat melakukan konstruksi dan menyusun sistem manajemen), serta menjaga lingkungan. Ada banyak peluang karir yang menjadi prospek kerja mahasiswa jurusan teknik sipil, beberapa diantaranya sebagai berikut.

Baca juga: Apa Fungsi Personal Branding dalam Peningkatan Karir?

1. Kontraktor Sipil

Kontraktor konstruksi sipil memiliki jobdesk untuk merealisasikan rencana yang dibuat oleh konsultan sipil. Mereka akan melihat seperti apa situasi sebenarnya di lapangan, dan bagaimana menerapkan rencana pembangunan. Sebagai kontraktor, pekerjaan mengharuskan Kamu untuk dapat mengelola semua orang dan material di lokasi kerja secara profesional.

Pekerjaan ini cocok bagi Kamu yang suka menyaksikan proyek di lapangan secara langsung.

2. Insinyur Lingkungan

Prospek pekerjaan selanjutnya adalah sebagai insinyur lingkungan. Profesi ini menggabungkan  konsentrasi ilmu teknik, biologi, dan kimia untuk mengembangkan solusi mengatasi masalah lingkungan. Tugas utama seorang insinyur lingkungan adalah memperbaiki kondisi alam yang rusak dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Seorang insinyur lingkungan akan sering bekerja sama dengan perencana kota.

3. Perencana Kota

Perencana kota atau urban designer adalah profesi yang berkaitan dengan tanggung jawab merancang bangunan dan open space agar bisa bermanfaat bagi masyarakat. Tak hanya mengedepankan manfaat, urban designer juga harus membuat tempat tersebut bagus dipandang. Profesi ini mengharuskan Kamu untuk membuat ruang publik yang lebih baik, tertata, dan menarik.

4. Surveyor Tanah

Surveyor tanah memiliki kaitan erat dengan proyek bangunan. Peran profesi ini adalah melakukan pengukuran dan perencanaan sebelum konstruksi dimulai. Penting bagi Kamu untuk melakukan perhitungan luas tanah, mencermati posisi, bentuk, serta ukuran tanah. Sebagai surveyor tanah, Kamu akan bekerjasama dengan konsultan sipil dan konstruksi sipil.

5. Konsultan Property

Meskipun tidak langsung ambil andil di lapangan, seorang sarjana teknik sipil sangat cocok menjadi konsultan properti. Tidak jarang profesi ini mengambil peran dalam keputusan klien. Karena topik pembahasan industri properti mencakup permasalahan pasar properti dan investasi properti, pengetahuan mu dalam ilmu teknik sipil akan bermanfaat.

6. Site Manager

Site manager juga bisa menjadi prospek pekerjaan lain untukmu. Sebagai site manager, Kamu bertanggung jawab atas perencanaan teknis dan pengendalian operasional suatu proyek. Kamu juga akan berdiskusi dengan klien tentang perkembangan yang telah dilakukan. Selain itu, site manager juga akan menjadi penghubung antara kontraktor dengan kliennya.

Berbagai prospek kerja mahasiswa jurusan teknik sipil bisa Kamu sesuaikan dengan minat dan bakat. Cari lowongan posisi terkait di job portal masa kini yaitu Go Talenta. Kamu bisa menemukan lowongan dengan kualifikasi yang paling cocok dengan fitur filter, serta berbagai lowongan dari seluruh Indonesia yang selalu up to date.