6 Situs Job Portal Terpercaya Untuk Mencari Kerja

29 Jun 2022 09:15 41 Share

Salah satu cara paling umum bagi jobseeker saat ini adalah mencari pekerjaan secara online.  Keuntungannya selain mudah dan cepat, Kamu sekaligus dibanjiri berbagai informasi seperti detail pekerjaan, informasi perusahaan, sampai website resmi perusahaan. Tapi, tentu saja, ada begitu banyak pekerjaan dan situs web sehingga membuat kewalahan. Maka dari itu, Kamu harus memilih situs yang terpercaya dan menjaga kerahasiaan data mu.

Baca juga: Pentingnya Melakukan Riset Perusahaan saat Mencari Kerja

1. Jobstreet

 

Situs yang satu ini termasuk salah satu yang terbesar. Berasal dari Malaysia, situs ini sudah berkembang pesat di berbagai negeri Asia Tenggara termasuk Indonesia. Job portal ini mudah digunakan, memiliki banyak sekali akses ke seluruh perusahaan dari berbagai skala dan wilayah, serta memiliki fitur yang lengkap.

Saat lamaran kerjamu ditindaklanjuti, Kamu akan mendapatkan notifikasi atau dihubungi secara langsung melalui email saat diterima. Fitur yang mudah dipahami juga menjadi faktor Jobstreet menjadi salah satu favorit pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan karyawan.

2. Glints

 

Situs asal Singapura ini juga telah mengalami ekspansi luas. Penggunanya di Indonesia sangat luas dan termasuk salah satu yang populer. Situs ini memiliki kefokusan selain menyediakan pekerjaan yaitu pelatihan dan pengembangan skill. Sangat cocok bagi Kamu yang ingin sekaligus mengisi waktu luang dengan produktif sembari mencari kerja.

Terdapat ruang komunitas sampai training online yang disediakan. Untuk lowongan pekerjaan, Kamu bisa menemukan segala jenis kepegawaian dari mulai magang, freelance, pegawai kontrak, dan full time. Situs yang user friendly juga menjadi salah satu kelebihan utamanya.

3. Kalibrr

Kalibrr sangat umum dalam menjadi gudang lowongan perusahaan startup seperti Gojek, Shopee, dan Tokopedia. Beberapa perbankan lokal juga mengandalkan Kalibrr sebagai situs pencari karyawan. Kelebihan situs ini adalah tersedianya fitur branding bagi pelamar sampai tes pengembangan skill.

Nilai dari tes yang Kamu lakukan bisa ditunjukkan di profil dan menjadi faktor penarik recruiter. Tampilan Kalibrr sedikit berbeda karena lebih banyak penyesuaian dengan profil maupun experience mu. Namun Kamu akan lebih mudah menyesuaikan lowongan kerja dan preferensi karir.

4. Karir.Com

 

Situs ini sudah berdiri sejak tahun 1998, karir.com menjadi situs pencari kerja pertama milik Indonesia dan merupakan situs terpercaya bagi para jobseekers. Tampilannya praktis dan juga memiliki kategori filter pencarian kerja yang bisa disesuaikan. Selain itu, profil mu bisa ditemukan HRD jika sudah mengisi data diri yang lengkap.

Dengan begitu, Kamu bisa dilirik perekrut meskipun belum menekan tombol apply. Karir.com juga menyediakan aplikasi bagi iOS dan Android agar memudahkan mu dalam melakukan follow up.

5. Go Talenta

Go Talenta adalah salah satu marketplace pencari kerja online yang masih baru namun memiliki kelengkapan fitur untuk para jobseekers. Go Talenta menyediakan fitur screening CV serta i-profile atau CV online agar Kamu lebih mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat. Beragam industri, sistem kerja, dan lokasi kerja dari seluruh Indonesia bisa Kamu temukan di platform ini.

Selain untuk mencari kerja, terdapat laman blog dan komunitas profesional yang bisa Kamu jadikan tempat mengembangkan skill sampai bertukar informasi masalah pekerjaan. Tampilan yang user friendly membuat pengguna lebih mudah dalam menjelajahi situs dan memanfaatkan segala fitur di dalamnya.

6. Jobs ID

Terdapat ratusan lowongan dari berbagai perusahaan bisa Kamu temukan di sini. Selain itu, Jobs ID memiliki fitur komunitas dengan kemudahan live webinar, virtual week, virtual interview, dan virtual job fair. Virtual job fair yang dilaksanakan tersebut biasanya dihadiri oleh lebih dari 50 perusahaan dari berbagai sektor.

Situs ini juga menyediakan info lowongan kerja dari berbagai opsi karir dan industri di seluruh Indonesia. Untuk mendapatkan rekomendasi lowongan, Kamu harus mengisi data diri dengan lengkap serta meng-upload CV atau resume mu.

Dengan keberadaan berbagai alternatif job portal, Kamu harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Melamar kerja dari berbagai platform akan meningkatkan kesempatan diterima dan segera menemukan pekerjaan yang sesuai dengan dirimu.