7 Tips Memilih Tempat Magang Mahasiswa

11 May 2022 08:35 93 Share

Mengikuti program magang memang memberi banyak keuntungan terutama bagi para mahasiswa. Mahasiswa bisa belajar di dunia kerja, memperluas jaringan, bahkan mendapat tawaran pekerjaan tetap. Namun, bagaimana cara menemukan tempat magang mahasiswa yang sesuai?

Baca juga: Mental Dan Kepribadian Yang Harus Dimiliki Fresh Graduate

1. Cari Info dari Kampus

Jika program magang adalah program kampus, hal pertama yang bisa Kamu lakukan adalah cari info dari dosen maupun senior. Beberapa kampus juga menyediakan informasi yang diterbitkan untuk para mahasiswa yang ingin magang.

Kamu bisa menanyakan ke pihak fakultas atau asisten dosen berkaitan dengan program magang yang mungkin dibutuhkan universitas mu.

2. Sesuaikan dengan Minat

Melalui program magang, Kamu bukan hanya akan mendapatkan pengalaman profesional, tetapi juga mendapatkan pengetahuan baru sebagai pegawai level entry. Magang adalah pintu gerbang ke dunia karir. 

Oleh karena itu, penting untuk  menyesuaikan industri magang dengan passion dan harapan di masa depan. Misalnya, Kamu menyukai dunia tulis-menulis, jurnalistik, dan komunikasi. Kamu bisa  melamar magang di perusahaan media atau penyiaran.

3. Perhatikan Kurun Waktu

Beberapa perusahaan memberikan durasi magang tertentu. Kamu harus tetap mengatur jadwal dengan kegiatan lain di kampus agar tidak bentrok dengan waktu magang. 

Hal ini untuk memastikan bahwa masalah kuliah dan magang terkait erat dan seimbang. Biasanya perusahaan memiliki kontrak satu sampai enam bulan untuk magang.

4. Perluas Koneksi

Memperluas koneksi ke banyak orang akan sangat membantu karir mu. Kenali orang-orang seperti dosen atau alumni yang sudah bekerja di perusahaan. 

Ini pun dapat menjadi upaya untuk mendapat surat rekomendasi dan pendamping saat mencari tempat magang. Selain itu, Kamu dapat segera dihubungi saat ada lowongan.

5. Sesuaikan Lokasi Kerja

Tips penting lainnya adalah memperhatikan lokasi perusahaan yang ingin Kamu tuju. Pastikan perusahaan Anda tidak terlalu jauh dari tempat tinggal atau kampus. Pilih perusahaan dengan akses terjangkau dan kemudahan transportasi umum.

6. Lihat Akreditasi Perusahaan

Saat memilih perusahaan magang, penting untuk memastikan bahwa perusahaan yang Kamu tuju merupakan perusahaan yang legal. Perusahaan yang terpercaya berarti Kamu dapat mempercayai dan dan akan bertanggung jawab jika terjadi sesuatu di kemudian hari. Ini juga menghindari mu dari penipuan.

7. Cari di Situs Lowongan Kerja 

Jika Kamu belum yakin bidang mana yang ingin Kamu geluti, cari informasi tentang posisi magang yang tersedia secara online. Coba kunjungi situs lowongan kerja yang memiliki fitur filter pencarian sehingga Kamu mudah melihat-lihat lowongan magang. 

Go Talenta adalah situs lowongan kerja dengan ratusan lowongan ter-update dan filter lowongan yang dapat Kamu sesuaikan dengan minat. Dengan mencari lowongan magang di Go Talenta, Kamu akan lebih cepat dan efisien dalam proses ini.

Itu lah beberapa tips memilih tempat magang mahasiswa yang bisa Kamu terapkan. Selain tips di atas, siapkan dirimu dengan mulai berlatih membuat CV menarik, interview, serta latih berbagai skill mu.