7 Tips Menghindari Ngantuk Saat Puasa Di Kantor

10 Apr 2023 11:30 66 Share

Memasuki bulan puasa, sering ditemukan pekerja yang mengantuk dan tidak bersemangat saat bekerja. Jika kamu adalah salah satunya, maka kamu harus mengetahui metode terbaik untuk menghindari ngantuk saat puasa. Karena bulan puasa bukan berarti boleh bermalas-malasan saat berhenti bekerja. Sekarang mari simak tips berikut ini.

Baca juga: 4 Cara Buat CV Menarik yang Mudah dan Up To Date

1. Sempatkan Istirahat

Beristirahat di sela-sela pekerjaan bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja saat puasa. Menurut Healthline, duduk di kursi terlalu lama di tempat kerja membuatmu cepat lelah. Untuk mengurangi rasa kantuk saat bekerja, ada baiknya istirahat sejenak agar tidak terlalu menguras tenaga dan pikiran.

Jika memungkinkan, istirahatlah dari pekerjaan setiap beberapa jam sekali. Misalnya, jika kamu bekerja di kantor, berjalanlah sebentar agar otot lebih renggang. Jika kamu WFH, kamu bisa keluar dari ruang kerjamu sebentar dan mengobrol dengan orang-orang di rumah selama beberapa menit. 

2. Duduk Tegak

Ketika kantuk menyerang di tengah puasa, terkadang postur duduk menjadi tidak tegak dan ingin berbaring. Hal ini justru membuatmu lebih mengantuk dan lebih tergoda untuk tidur. Nah, salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang bisa kamu coba adalah dengan duduk tegak. 

Pasalnya, duduk tegak dapat mengaktifkan sistem saraf simpatik. Saraf ini mengontrol sistem saraf pusat agar tetap terjaga dan waspada. Saat bekerja, duduk tegak juga lebih baik bagi postur tubuh saat duduk diam dalam waktu lama.

3. Kerjakan Tugas yang Lain

Mengerjakan tugas yang monoton cepat membuatmu mengantuk. Oleh karena itu, mengerjakan tugas yang berbeda bisa menjadi cara menghilangkan rasa kantuk terutama saat berpuasa. Cobalah untuk mengerjakan pekerjaan lain dalam beberapa waktu agar lebih merangsang otak untuk berpikir. 

Dengan begitu, rasa kantuk bisa berangsur hilang dan membuatmu segar kembali. Selain itu, pekerjaan lain juga bisa selesai lebih cepat.

4. Atur Jadwal Tidur yang Baik

Kenapa puasa mengantuk dan bisa terjadi di saat kerja? Ini mungkin karena waktu tidurmu terlalu sedikit. Tidur selama 6-8 jam bisa mencegah rasa kantuk. Jika memungkinkan, coba untuk tidur malam 5-6 jam dan tidur siang sebentar. 

Tidur yang cukup juga meningkatkan fokus saat bekerja. Cara pikirmu akan lebih fresh dan konsentrasi akan lebih baik. Akan lebih baik jika kamu tidak tidur lagi setelah sahur karena itu akan menghambat pencernaan makanan sahur dan membuat tubuh kurang bugar.

5. Merapikan Meja Kerja

Selain itu, membersihkan dan merapikan meja kerjamu adalah cara yang baik untuk menghilangkan kantuk saat berpuasa. Hal ini tentu saja bisa membuat rasa kantuk hilang. Apalagi jika aktivitas tengah hari yang biasanya makan siang pun berubah selama bulan puasa.

Sebagai solusinya, kamu bisa mengubah suasana dan membersihkan meja kerjamu. Kamu dapat membersihkan alat kerja, mendekor meja kerja, menambahkan foto dengan orang terdekat, atau sekadar mengubah tampilan meja. 

6. Atur Pencahayaan Ruangan

Tempat kerja yang cerah meningkatkan produktivitas pekerjaan. Rasa kantuk terkadang muncul saat ruang kerja kurang cahaya. Oleh karena itu, usahakan untuk membuka jendela saat sedang bekerja agar sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan.

Jika kamu tidak memiliki jendela yang mengarah keluar, jangan buat lampunya redup. Alhasil, mata secara otomatis mengenali sinyal tidur. Memasang lampu tugas bisa menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang tidak memiliki pencahayaan cerah di area kerja. 

7. Melihat ke Kejauhan

Terus-menerus melihat ke layar monitor dapat membuat mata lelah. Kondisi ini pasti akan membuat Anda semakin mengantuk dan lelah. Salah satu cara menghilangkan rasa kantuk akibat mata lelah saat berpuasa adalah dengan mengistirahatkan mata. 

Cobalah melihat ke kejauhan dari jendela atau pemandangan hijau. Hal ini memungkinkan mata untuk bersantai dan rasa kantuk untuk pergi. Setelah itu, kamu pasti merasa lebih segar dan berkonsentrasi.

Itu dia tips menghindari ngantuk saat puasa di kantor. Jika kamu belum mendapatkan pekerjaan dan masih aktif menjadi jobseeker, segera jelajahi loker terbaru di Go Talenta. Temukan pekerjaan sesuai pengalaman maupun minat. Selagi mencari pekerjaan di bulan puasa, kamu juga harus tetap menjaga fokus dan bersemangat. Baca artikel ini untuk tips tetap semangat melamar kerja di bulan puasa.