Apa Fungsi Personal Branding Dalam Peningkatan Karir?

02 Aug 2024 10:31 126 Share

Setiap orang pasti memiliki citra diri atau personal branding yang dibentuk dari keahlian maupun minat bakat. Namun tidak semua orang mengoptimalkan citra tersebut. Padahal, personal branding yang baik dapat membantu Anda secara profesional.

Personal branding artinya adalah pandangan yang Anda bentuk untuk diri Anda sendiri. Atau dengan kata lain, sebuah branding diri Anda yang Anda gunakan saat mempresentasikan diri di hadapan orang lain.

Personal branding bisa menampilkan apa saja. Dapat pula disampaikan melalui media apa saja seperti secara langsung maupun di media sosial. Dalam bidang karir, citra Anda akan sangat menentukan.

Fungsi Personal Branding dalam Karir

Lantas apa saja fungsi menetapkan suatu citra dalam karir kita?

  • Memiliki Branding Diri Sendiri

Jadilah menjadi diri sendiri untuk meningkatkan personal branding. Setiap orang memiliki keunikan bakat sendiri, tetapi tidak banyak yang bisa mengekspresikan itu secara optimal. Dengan menetapkan ciri khas diri, orang akan dengan mudah mengingat Anda sesuai karakter khusus tersebut.

  • Meningkatkan Percaya Diri

Merasa kurang percaya diri merupakan hal-hal yang wajar dan hampir semua orang mengalaminya. Dengan branding yang kuat, berarti Anda memiliki kelebihan yang dapat Anda unggulkan dari diri sendiri. Anda akan memiliki percaya diri yang tinggi karena unggul pada bidang tersebut. Hal tersebut juga akan membuat Anda lebih spesifik dalam mencari jalan karir.

  • Upaya Mempromosikan Diri

Jika Anda memiliki citra yang kuat terhadap suatu bidang, akan sangat memungkinkan Anda menempati karir sesuai minat Anda. Karena adanya kredibilitas dari branding diri, pihak perusahaan akan lebih mudah menemukan Anda. Manfaatkanlah media sosial agar Anda lebih mudah dalam mempromosikan diri.

  • Memperluas Koneksi

Salah satu kunci utama meraih kesuksesan dengan memperluas koneksi yang luas. Personal branding yang positif membantu Anda membangun hubungan dengan orang lain. Anda bisa memperoleh koneksi dari orang-orang yang memiliki minat serupa maupun orang yang tertarik dengan minat Anda. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk memperluas jaringan.

  • Kredibilitas Diri

Kredibilitas adalah kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan. Branding akan membuat Anda terlihat kompeten pada bidang yang Anda tekuni. Dengan begitu, keahlian Anda akan mendapatkan pengakuan karena Anda terbukti menekuninya. Hal tersebut akan membuka jalan karir yang baik bagi Anda.

Baca juga tips menyeimbangkan skill Anda untuk mengawali karir yang cemerlang:

3 Tips Menyeimbangkan Keterampilan Hard Skill Dan Soft Skill

Itu lah fungsi personal branding yang bisa menunjang karir. Setelah membentuk citra diri, Anda bisa mencari pekerjaan sesuai kemampuan dan skill. Cari lowongan kerja terkini di job portal Go Talenta. Fitur pencarian lowongan dapat Anda sesuaikan sesuai pengalaman maupun minat bakat.