Cara Follow Up Lamaran Kerja Secara Profesional

29 Dec 2021 09:34 179 Share

Proses melamar pekerjaan memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kamu juga harus menunggu penerimaan atau penolakan dari aplikasimu. Setelah wawancara, Kamu mungkin akan menunggu beberapa waktu menuju keputusan perusahaan. 

Keputusan apakah Kamu diterima di posisi dan melanjutkan ke proses berikutnya atau ditolak jelas membuat penasaran. Kamu mungkin merasa ragu harus bertanya atau membiarkannya saja.

Jika Kamu adalah fresh graduate yang menunggu jawaban setelah wawancara, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti. Untuk mengetahuinya, simak artikel ini!

Waktu Follow Up

  • 1 - 24 Jam Setelah Wawancara

Follow up bukan dilakukan hanya untuk mengetahui jawaban aplikasimu. Hal ini juga dilakukan untuk menambah kesan positif dari di depan recruiter. Nah, dalam jangka waktu ini, Kamu bisa melakukan follow up dengan berterima kasih.

Yang dimaksud adalah, ucapkanlah terima kasih atas kesempatan dan ilmu yang Kamu dapat melalui perbincangan saat wawancara. Beri tahu recruiter bahwa Kamu merasa semakin tertarik dan berterima kasih atas waktu yang diluangkannya untuk Anda.

  • Sesuai Batas Waktu yang Diberikan

Ketika melakukan wawancara, ada baiknya Kamu menanyakan kapan kira-kira pengumuman dari perusahaan keluar. Dalam waktu tersebut, Kamu bisa mengirimkan pesan follow up menanyakan keputusan itu. Pesan dapat disampaikan melalui email, WhatsApp, SMS, atau inbox LinkedIn, sesuai dimana Kamu dihubungi recruiter pertama kali.

  • Ingin Melengkapi Dokumen Penting

Jika telah menyelesaikan proses wawancara, Kamu dapat menghubungi pewawancara untuk memperbarui informasi. Pencapaian yang relevan dan dapat mempengaruhi penilaian bisa Kamu kirimkan. Mungkin Kamu baru menyelesaikan suatu pelatihan atau teringat bahwa ada portofolio tambahan.

  • 2 Minggu Setelah Wawancara

Jika Kamu tidak mengetahui kapan tanggal tepat dari keputusan akan diberikan, coba follow up setelah 2 minggu. Biasanya, perusahaan membutuhkan waktu 1 - 2 minggu untuk memproses aplikasi pelamar.

Fresh graduate baca juga : 6 Hal Yang Kamu Dapatkan Dari Program Management Trainee

Tata Cara Penulisan Email

Email adalah platform paling profesional untuk menanyakan hal ini. Gunakanlah email dengan nama yang profesional juga agar mudah dikenali recruiter. Atau jika sebelumnya Kamu sudah bercakap-cakap melalui email, ada baiknya Kamu membalas email terakhir dari recruiter karena lebih besar kemungkinannya untuk dibaca.

  • Pastikan subjek email terisi. Kamu bisa menuliskan posisi yang Kamu lamar atau  dengan judul “Follow Up Hasil Wawancara (posisi) - (nama).
  • Salam pembuka. Jangan lupa menuliskan untuk siapa email itu tertuju, nama perusahaan, dan kata sapa.
  • Sampaikan terima kasih di paragraf pertama. Ucapkan bahwa kamu menghargai penawaran perusahaan dan waktu atas wawancara dengan recruiter. Penting juga untuk menyebutkan kapan tanggal wawancara, dengan siapa Kamu diwawancarai, dan untuk posisi apa.
  • Tulis paragraf selanjutnya dengan to the point. Jangan terlalu berbelit-belit. Sampaikan bahwa Kamu ingin menanyakan tindak lanjut dari keputusan perusahaan.
  • Salam penutup yang sopan. Pastikan Kamu menutup email dengan sopan.

Contoh Email Follow Up Wawancara

Kepada Bapak/Ibu (nama)

(nama perusahaan)

Semoga semua dalam keadaan sehat dan baik.

Saya berterima kasih atas kesempatan yang Anda berikan dalam proses rekrutmen di (nama perusahaan). Setelah wawancara pada (waktu) untuk (posisi) dengan (pewawancara), saya menghargai waktu Anda dan sangat senang telah mengetahui lebih banyak mengenai posisi terkait.

Sehubungan dengan hal di atas, saya ingin mengkonfirmasi apakah keputusan terkait lamaran saya sudah Anda tentukan? Jika ada yang Anda butuhkan untuk informasi tambahan mengenai lamaran tersebut, saya akan dengan senang hati melakukannya.

Saya harap dapat mendengar kabar baik dari Anda. Senang bisa mendapatkan pengalaman wawancara yang luar biasa dengan Anda.

Salam,

(nama pelamar)

(nomor HP pelamar)