Fresh Graduate Belajar Investasi? Yuk Simak Tips Investasi Pemula!

09 Nov 2022 09:07 79 Share

Setelah lulus, Kamu dihadapkan dengan tantangan untuk mengatur keuangan secara mandiri. Kamu mungkin masih belum mengerti akan kebutuhan ini karena juga harus sibuk mencari kerja. Begitu mendapatkan pekerjaan pertamamu, investasi adalah salah satu manajemen keuangan yang bisa Kamu lakukan. Belakangan, investasi cukup marak dan penyedianya membentuk platform yang mudah untuk dipelajari. Berikut ini tips untuk fresh graduate belajar investasi.

Baca juga: 5 Tips Cermat Mengatur Gaji Bulanan

1. Mengatur Gaji Pertama

Sebagai fresh graduate belajar investasi, belajar mengatur gaji pertama bisa Kamu lakukan pelan-pelan. Kamu tentu memiliki wishlist atau ingin self reward. Tentu Kamu boleh menikmati hasil kerjamu. Hanya saja, mengontrol diri juga penting.

Ada beberapa cara yang bisa Kamu terapkan, namun salah satu tips yang Go Talenta bagikan adalah dengan “Aturan 50-30-20”. Aturan ini berarti 50% untuk kebutuhan sehari-hari dan tagihan, 30% untuk keinginan pribadi, dan 20% untuk tabungan atau investasi.

2. Buat Daftar Prioritas

Karena baru memiliki gaji pertama, daya beli cenderung tinggi. Agar bisa menahannya, Kamu bisa membuat daftar kebutuhan. Tentukan mana yang benar-benar diperlukan dan mana yang bisa menunggu gaji berikutnya. Setelah itu, kembali masukkan ke daftar yang sesuai seperti prioritas utama di aturan 50 dan yang lain di 30.

Jika sisa gaji masih cukup, sah-sah saja untuk membeli barang yang berada di list prioritas tengah. Biasakan membuat daftar ini supaya Kamu bisa terbiasa menyisihkan untuk investasi.

3. Baca Artikel

Sebagai awam, perbanyak bacaan mengenai tips investasi pemula. Investasi bagi pemula dapat menggunakan Bibit, Ajaib, Bareksa, dsb. Sebelumnya, Kamu harus mencari tahu jenis investasi apa yang paling cocok dengan pemasukan dan kebutuhan. Jika sudah banyak membaca, Kamu bisa menyesuaikan nominal alokasi yang tepat. 

4. Jangan Menunda

Kebanyakan dari pemula merasa berat untuk memulai. Hal ini hanya akan membuang waktu. Investasi bersifat jangka panjang sehingga lebih cepat dimulai akan lebih baik. Meskipun gaji pertama tidak begitu besar, Kamu tetap bisa menginvestasikannya karena nominal minimum investasi masa kini juga terjangkau.

5. Bergegas Mencari Kerja

Fresh graduate seringkali menunda mencari kerja karena berpikir baru lulus dan kurang paham bagaimana mencari kerja yang benar. Mencari kerja membutuhkan waktu dan tidak langsung diterima. Jika menggunakan job platform, Kamu bisa lebih mudah melamar berbagai loker tanpa perlu kebingungan.

Go Talenta adalah job platform yang praktis dan efisien. Kamu cukup mengisi data dan CV, setelah itu sesuaikan pekerjaan sesuai dengan background dan keahlian mu.

Itulah tips untuk fresh graduate belajar investasi. Jangan ragu untuk memulai investasi sejak Kamu menerima gaji pertama. Tapi Kamu harus pahami betul resiko dan manfaatnya di masa depan.