Ketahui Beragam Prospek Kerja Jurusan Sastra

10 Feb 2022 09:15 39 Share

Setelah mendapatkan gelar sarjana di bidang sastra, Kamu akan banyak menerima pertanyaan “mau kerja jadi apa?”. Jangan khawatir! Mendapatkan gelar sastra tidak berarti Anda harus selalu menjadi penulis. Ada banyak ladang pekerjaan yang cocok untukmu. Berikut prospek kerja jurusan sastra yang bisa jadi pertimbanganmu. 

Baca juga: 5 Tips Berburu Lowongan Kerja Secara Online 

  • Editor

Baik editor di surat kabar maupun percetakan buku, sebagai lulusan sastra, Kamu bisa banget bekerja di posisi ini. Jumlah buku yang dicetak oleh penerbit semakin banyak dan beragam. Seperti halnya perkembangan media. Kantor berita tersebar di mana-mana. 

Baik penerbit maupun media membutuhkan editor. Banyak yang memiliki syarat khusus untuk posisi ini, yaitu gelar dalam studi sastra. Kamu juga bisa mengimplementasikan banyak teori yang Kamu peroleh saat masih berkuliah ke dalam proses bekerja.

  • Jurnalis

Pekerjaan jurnalistik terkadang identik dengan jurusan komunikasi. Padahal ini juga cocok untuk prospek kerja jurusan sastra. Banyak jurnalis memiliki gelar sarjana sastra. 

Sebab, jurnalis berhubungan dengan hal tulis-menulis, tak jauh dari kuliah mahasiswa sastra yang mengedepankan aspek bacaan dan penulisan. Lulusan sastra cukup peka terhadap gramatikal kalimat dan harmonisasi paragraf.

  • Copywriter dan Content Writer

Mahasiswa sastra dituntut untuk bisa mengekspresikan pikiran dengan menulis secara menarik. Sebagai copywriter, tulisan yang menarik adalah kuncinya. Tugasmu adalah menulis script tulisan promosi atau tulisan sebuah artikel yang nantinya akan di-posting di berbagai media, baik cetak, televisi, online maupun sosial media.

Sedangkan content writer tidak jauh dari copywriter. Bedanya, menjadi content writer berarti menulis untuk situs internal, bukan media yang menyiarkan iklan perusahaan. Pekerjaan ini tetap membutuhkan keterampilan menulis khusus dimana lulusan sastra pandai dalam hal itu.

  • Penerjemah

Peluang atau prospek kerja lulusan sastra selanjutnya adalah sebagai penerjemah bahasa. Kamu pasti fasih dalam suatu bahasa. Untuk kemampuan bahasa lainnya, Kamu bisa belajar sendiri atau dengan mengambil kursus bahasa asing tertentu. 

Gaji penerjemah didasarkan pada setiap halaman, beberapa didasarkan pada setiap project yang sedang dikerjakannya. Pendapatan bisa Kamu dapatkan mulai dari Rp 10.000 per halaman.

  • Penulis Skenario Film/Teater

Selanjutnya, Kamu bisa bekerja sebagai penulis skenario. Selama kuliah, Kamu menerima materi untuk menulis naskah drama dan jenis pertunjukan lainnya. Jika Kamu passionate dengan topik ini, Kamu dapat berkarir sebagai penulis skenario film dari mulai film pendek sampai film konvensional, atau teater dan pertunjukan lainnya. 

Pekerjaan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki gaji yang cukup tinggi. Anda dapat menerima penghasilan hingga 20 juta rupiah. Untuk naskah drama serial, Kamu bisa mendapatkan bayaran untuk setiap episode  naskah yang dibuat.

Itulah berbagai profesi yang menjadi prospek kerja jurusan sastra. Nah, bagi Kamu yang sedang mencari pekerjaan, kunjungi situs pencari kerja Go Talenta untuk menemukan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai passion-mu.