Tidak Perlu Minder, Ini Tips Mencari Kerja Untuk Lulusan SMA

07 Sep 2022 08:45 107 Share

Mencari pekerjaan saat ini sangatlah kompetitif terutama bagi lulusan SMA/SMK. Banyak lowongan pekerjaan umumnya membutuhkan calon karyawan dengan gelar S1 atau sarjana. Namun ini tidak menutup kemungkinan untuk para lulusan SMA mendapatkan pekerjaan. Ada beberapa tips mencari kerja untuk lulusan SMA yang bisa diterapkan agar tetap unggul diantara jobseeker lainnya.

Baca juga: 5 Tips Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

1. Ungguli Bidang Komputer

Jika Kamu minat di bidang komputer, terus belajar dan cari pelatihan yang bisa mengasah kemampuanmu. Bidang teknologi adalah hal yang bisa dipelajari sejak sekolah dan diperdalam melalui otodidak. Profesi di bidang ini juga sangat populer di era digital ini. Banyak perusahaan membutuhkan posisi berkaitan dengan IT dan tidak selalu mengharuskan lulusan sarjana.

2. Ikut Walk in Interview

Kamu mungkin pernah melihat iklan pekerjaan yang meminta wawancara langsung atau walk in interview. Ini adalah metode melamar ke perusahaan dimana Kamu bisa langsung mengikuti wawancara pada hari yang sama saat melamar. Kamu cukup membawa semua dokumen yang diperlukan seperti CV, surat lamaran, portofolio, dan fotokopi ijazah. Jangan sampai terlambat agar HRD bisa menilai kedisiplinan mu.

3. Ikut Job Fair

Job fair berisi banyak perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Datangi job fair di kotamu untuk mencari pekerjaan di beberapa perusahaan karena pasti terdapat banyak perusahaan dari berbagai industri dan skala. Ada baiknya Kamu juga membawa dokumen lamaran sebanyak mungkin. Namun, Kamu juga harus memperhatikan lowongan pekerjaan mana yang tepat dan relevan bagimu.

4. Memanfaatkan Job Portal

Kamu sekarang dapat dengan mudah mencari pekerjaan menggunakan platform pekerjaan online seperti LinkedIn dan sosial media. Selain itu, kini banyak situs web yang dapat diandalkan dan up to date dalam menampilkan berbagai lowongan dari berbagai jenjang pendidikan. Go Talenta adalah salah satu job portal yang bisa Kamu andalkan dalam mencari kerja. Kamu bisa mencari pekerjaan dari beragam industri, jenjang pendidikan, keahlian, dan wilayah. 

Itulah beberapa tips mencari kerja untuk lulusan SMA. Gelar pendidikan menjadi salah satu fokus yang dicantumkan pada job desc lowongan kerja. Meskipun harus berusaha lebih keras dalam persaingan, Kamu tetap bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus SMA. Selama Kamu tetap mau belajar dan memanfaatkan pengalaman yang ada dengan sebaik-baiknya.