Tips Interview Kerja Bagi Pemula

09 Jul 2024 09:49 90 Share

Kamu baru pertama kali interview kerja?

Gugup karena belum punya pengalaman interview kerja?

Tenang dulu, kita punya solusinya, lho! Kita bantu kamu agar tidak gugup dalam menjalani interview kerja. 

 

Supaya proses interview kamu lancar, kamu harus banget untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Kamu juga bisa mengikuti tips interview kerja dari kami ya.

1. Riset jabatan dan perusahaan  yang kamu lamar

Riset jabatan dan perusahaan yang kamu lamar akan menjadi poin penting yang harus kamu persiapkan ketika baru pertama kali interview kerja. Dengan ini kamu bisa dapat memahami mengenai posisi yang kamu lamar serta perusahaan yang nantinya akan menjadi tempat kerja kamu. Pastikan kamu siap secara fisik, mental dan pengetahuan mengenai jabatan dan perusahaan yang kamu lamar yaa!

Tipsnya adalah cari informasi melalui website perusahaan dan media sosial perusahaan yang kamu lamar. Karena dengan begitu, kamu bisa dapat informasi lebih lengkap mengenai perusahaan tersebut. 

2. Riset pertanyaan yang sering diajukan saat interview kerja dan berlatih menjawab

Setelah mencari tahu tentang jabatan dan perusahaan yang kamu lamar, langkah selanjutnya adalah mencari tahu jenis-jenis pertanyaan yang sering ditanyakan saat sesi interview. Jika kamu hanya sekadar tahu jenis pertanyaan saja tanpa tahu cara menjawab tentunya akan tetap kesulitan saat akan berbicara di depan rekruter. 

Tipsnya adalah berlatih sesering mungkin untuk menjawab pertanyaan yang biasanya diajukan oleh rekruter saat sesi interview yaa.

3. Cari tahu kepada kerabat atau saudara yang sudah pernah interview kerja

Hal penting lainnya adalah mencari tahu kepada kerabat terdekat untuk melakukan sharing session sekiranya bagaimana dalam melakukan interview. Dengan ini, kamu jadi mempunyai gambaran nyata bagaimana pelaksanaan proses interview di kantor.

4. Kejujuran menjadi kesan yang baik saat interview 

Saat menjawab pertanyaan, jangan sampai kamu tidak jujur mengenai diri kamu sendiri. Ini bisa menjadi langkah awal yang salah ya teman-teman. Usahakan untuk selalu jujur dalam setiap pertanyaan yang diajukan oleh rekruter.

5. Percaya diri saat interview

Karena kamu baru pertama kali interview kerja, mungkin saja kamu gugup dan merasa kurang percaya diri. Namun, perlu kamu ketahui bahwa rekruter bisa menilai lho jika kamu tidak percaya diri dalam menjawab pertanyaan saat interview. Pastikan diri kamu tetap percaya diri dalam menjawab dan memperkenalkan diri kamu saat sesi interview yaa.

6. Gunakan pakaian yang rapi dan sesuai

Ini akan menjadi penentu juga, lho teman-teman. Jika kamu menggunakan pakaian yang rapi, tentunya rekruter akan senang melihatnya karena dianggap dapat menyesuaikan dengan keadaan formal. Jadi, pastikan diri kamu siap ya secara berpakaian.

 

Itulah beberapa tips buat kamu yang baru pertama kali sedang mempersiapkan interview kerja. Mulai dari sekarang, lakukan sedikit demi sedikit langkah-langkah di atas ya agar interview kamu dapat berjalan dengan lancar. Gunakan job platform e-Recruitment.id untuk pengalaman mencari kerja yang positif! Selamat mencoba.