Tips Menjawab Kelebihan Dan Kekurangan Interview Kerja

03 May 2023 09:52 45 Share

Kelebihan dan kekurangan adalah salah satu topik pertanyaan yang sering ditanyakan pada wawancara kerja. Kamu mungkin bingung jika pertanyaan ini dilontarkan. Jika tidak dipersiapkan, kamu bisa bingung dan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam meresponnya. Beberapa tips menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview kerja akan dibahas di artikel ini.

Baca juga: 4 Cara Buat CV Menarik yang Mudah dan Up To Date

Contoh Kelebihan Diri

Mungkin kamu merasa sulit dalam menemukan kelebihan dari diri sendiri. Tips utama dalam menjawab kelebihan maupun kekurangan saat interview kerja adalah selalu mengaitkan dengan sikap profesionalisme mu. Berikut ini bisa menjadi referensi kelebihan diri saat interview, namun jangan lupa untuk menyesuaikan dengan apa yang memang sebenarnya ada dalam dirimu.

1. Problem Solving

Salah satu kelebihan yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja adalah kemampuan pemecahan masalah. Di sini kamu dapat menjelaskan kepada perekrut bagaimana kamu mampu menangani masalah dengan cara yang efektif. Agar terlihat lebih meyakinkan, jangan lupa berikan contoh kasus dimana kamu menghadapi masalah dan bagaimana metode pemecahan masalah yang kamu lakukan. 

2. Interpersonal Skill yang Baik

Ciri orang yang memiliki kemampuan interpersonal yang baik dapat ditandai dengan mudah bergaul. Dengan menyatakan kelebihan ini, kamu akan dianggap mampu menciptakan hubungan kerja yang baik antar rekan kerja. Di samping itu, orang dengan keterampilan interpersonal biasanya paham akan cara bekerja dengan berbagai kepribadian orang.

 Pentingnya Skill Interpersonal dan Intrapersonal dalam Bekerja 

3. Jujur

Kamu bisa menjelaskan kepada perekrut bahwa kamu adalah pribadi yang jujur. Kamu bisa menguraikan maksud jujur di sini sebagai orang yang jujur jika sedang tidak memahami tugasnya, sehingga kamu juga tidak malu untuk bertanya. Jawaban ini dapat membuat perusahaan semakin tertarik karena mereka tahu bahwa kamu adalah karyawan potensial yang berpotensi menghasilkan hasil kerja terbaik. 

4. Time Management 

Time management berkaitan dengan bagaimana kamu mengatur waktu pengerjaan dari berbagai pekerjaan. Dengan time management yang baik, kamu berarti bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline. Selain itu, mengatur waktu pekerjaan juga berkaitan dengan bagaimana kamu menyusun prioritas.

5. Kepribadian yang Menyenangkan

Kepribadian yang menyenangkan berarti kamu adalah seseorang yang disukai dan bergaul dengan orang sekitar. Jawaban seperti ini menunjukkan bahwa kamu mampu memiliki banyak koneksi dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Saat kamu memberikan jawaban ini, jangan lupa untuk memberikan kesan positif dan ramah kepada perekrut agar terlihat lebih meyakinkan. 

Contoh Kekurangan Diri

Sama seperti aspek kelebihan diri, kekurangan diri juga harus berkaitan dengan profesionalisme. Namun yang perlu diingat, menceritakan kekurangan diri saat interview kerja harus disertai juga dengan bagaimana caramu mengatasinya. Karena apabila tidak, kamu bisa menjadi kandidat yang langsung ditolak oleh perekrut. Berikut ini beberapa sikap yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Belum Memiliki Banyak Pengalaman

Kamu bisa menjawab dengan pengalaman kerjamu yang belum begitu banyak, terutama untuk para fresh graduate. Sebagai solusinya, Anda bisa memaparkan pengalaman magang atau organisasi lain yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Jangan lupa untuk menjelaskan jawabannya dengan antusias. Kamu kemudian akan dianggap oleh perekrut sebagai karyawan yang semangat dan selalu ingin belajar.

2. Perfeksionis

Seorang perfeksionis di tempat kerja dapat membuat kamu lelah. Ini karena mereka cenderung tidak ingin pekerja lain membantu mereka. Kamu bisa menjelaskan kelemahan ini dengan cara yang profesional. 

3. Keterampilan pada Bidang yang Dilamar Masih Minim

Kondisi ini biasanya muncul pada orang yang baru lulus. Kamu tidak perlu khawatir karena kamu telah bekerja untuk meningkatkan keterampilan mu sejauh ini. Misalnya mengikuti seminar. 

4. Terlalu Menghindari Konflik

Ini bisa menjadi kekurangan maupun kelebihan diri. Ini akan menjadi kekurangan karena dianggap tidak bisa teguh pada pendapat dan menghindari perdebatan sehat dalam meeting.

5. Mudah Terdistraksi

Beberapa posisi mungkin menempatkanmu pada tempat kerja yang cukup ramai. Kamu harus bisa mengelola fokus dan jelaskan bahwa kamu akan berusaha selalu fokus jika hanya terganggu oleh distraksi ringan.

Interview kerja memang menjadi faktor penentu terpenting bagi proses rekrutmen. Jika kamu masih bingung menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview kerja, kamu harus mengenali dirimu dengan lebih baik dulu. Selain itu, cari pekerjaan hanya di job portal terpercaya agar lebih mudah mendapatkan panggilan kerja. Cari loker hanya di Go Talenta, job portal yang aman dengan loker dari seluruh wilayah Indonesia.