5 Tips Membuat Welcome Email Untuk Subscriber

19 Sept 2022 09:52 81 Share

Welcome email adalah suatu email penyambut atau korespondensi pertama kepada subscriber dan merupakan strategi marketing. Penting bagi marketer untuk mengetahui cara menuliskan welcome email yang menarik dan berkesan bagi customer. Jika tidak menangkap perhatian customer, maka peluang untuk menjadi brand yang berkesan bisa hilang. Simak tips berikut dan coba untuk menerapkannya.

Baca juga: Kenali 5 Profesi di Bidang Digital Marketing

1. Subjek yang Jelas dan Menarik

Email pertama kali untuk customer akan lebih baik jika menarik perhatian sekaligus jelas maksudnya. Subjek yang jelas akan membuat customer langsung mengetahui apa maksud email. Kamu bisa menggunakan kata-kata “Selamat Bergabung” sebagai subjek yang menarik.

2. Tampilan yang Mudah Dibaca

Cara pertama untuk membuat email selamat datang adalah dengan menggunakan format yang menarik dan mudah dibaca. Misalnya, Kamu dapat menggunakan font dan desain dasar yang sesuai dengan branding/ciri khas perusahaan. Yang penting juga, harap batasi isi email agar tidak terlalu panjang. Kamu bisa mempertimbangkan poin-poin dengan bullets di isi email agar customer mudah membaca email.

3. Mengenalkan Identitas

Jelaskan mengenai bisnis perusahaan mu secara singkat. Ada banyak cara yang bisa Kamu lakukan, seperti langsung memperkenalkan introduksi perusahaan, atau bisa juga memamerkan produk dari perusahaan. Nantinya penerima email akan lebih mudah memahami tentang perusahaan mu.

4. Beritahu Ekspektasi

Ingatlah untuk menjelaskan kepada pelanggan tentang langkah-langkah yang dapat mereka ambil saat menggunakan produk atau layanan mu. Misalnya seperti memberikan layanan gratis 30 hari setelah mereka membeli produk baru yang berarti Kamu ingin mereka membeli produk baru. Di samping itu, beritahu juga model email langganan yang akan diberikan berikutnya. Apakah berupa newsletter, artikel, penawaran, atau yang lainnya.

5. Informasi Sosial Media

Jangan lupa untuk menyertakan akun-akun sosial media perusahaan dalam welcome email. Kamu bisa mempermudah customer untuk menghubungi perusahaan. Selain itu, agar mereka mudah menjangkau dan memperluas koneksi perusahaan. Sertakan link yang mengacu pada akun-akun sosial media perusahaan.

Welcome email merupakan salah satu email terpenting karena menjadi pengenalan dan pembuka untuk customer. Kamu harus memanfaatkan email ini dengan baik dan memberikan first impression yang baik ke customer. Susun juga kata-kata dalam email supaya mudah dipahami oleh pembacanya.