Kenali 5 Profesi Di Bidang Digital Marketing

08 Feb 2022 09:23 68 Share

Pemasaran digital telah menjadi bagian yang hampir tidak terpisahkan dari strategi marketing. Perusahaan membutuhkan orang-orang dengan berbagai keterampilan khusus untuk mengembangkan dan menerapkan strategi digital marketing yang efektif dan juga efisien. Para pemasar digital memiliki fokus keterampilan khusus yang berbeda-beda, membuat terciptanya profesi di bidang digital marketing yang lebih spesifik sesuai jobdesk mereka. Diantara profesi-profesi tersebut adalah:

Baca juga: Ketahui Pengertian, Skill, Dan Tugas Pekerjaan Marketing Executive

 

1. SEO (Search Engine Optimization)

Search engine optimization atau mesin pencari seperti Google adalah salah satu alat paling populer yang digunakan oleh calon pembeli untuk mencari informasi tentang produk dan juga layanan yang ingin mereka beli. Untuk alasan ini, dibutuhkan spesialis SEO yang akan menjadi spesialis utama untuk memastikan aksesibilitas situs web ke kata kunci yang digunakan oleh audiens.

2. SEM (Search Engine Marketing)

Iklan online berbayar adalah salah satu elemen pendukung terpenting dari pemasaran digital. Profesi di bidang digital marketing yang satu ini bertanggung jawab atas strategi periklanan berbayar di dunia digital seperti Google Ads, Youtube Advertising, Facebook Advertising, Instagram Advertising, Tiktok Advertising, Linkedin Advertising dan lainnya. Lingkup pekerjaan untuk spesialis ini berkutat pada menetapkan sasaran iklan, menghitung biaya per klik, dan membuat analisis pelaporan kinerja iklan.

3. Content Writer

Konten adalah faktor yang paling sangat penting dalam mendapatkan perhatian audiens. Dengan berkembangnya dunia digital, konten bukan lagi menarik perhatian, tetapi juga menciptakan interaksi. Oleh karena itu, kreativitas penulis konten saat ini menjadi profesi yang semakin dicari. Seorang content writer perlu memperhatikan citra perusahaan sekaligus membuat konten menarik yang sesuai dengan audiens sasaran.

4. UI/UX Designer

Dulu, orang mengenal profesi desain grafis yang fungsinya adalah membuat desain materi cetak misalnya brosur, media cetak, atau banner. Sekarang, seiring dengan berkembangnya dunia digital, profesi desainer menjadi semakin terspesialisasi, dengan menyesuaikan platform yang digunakan, misalnya untuk website (Web UI designer), aplikasi mobile (Mobile UI Designer) dan aset digital (Digital Asset Designer).

5. KOL (Key Opinion Leader)

Profesi ini diisi oleh orang-orang yang memahami bidang industri tertentu, pendapatnya dapat didengar sebagai masukan, dan bertujuan untuk meng-influence para followers dengan konten digital. KOL spesialis sangat berperan dalam menciptakan komunikasi satu arah di dunia digital marketing.

Di tengah maraknya persaingan pemasaran online, profesi di bidang digital marketing menjadi salah satu faktor krusial yang bisa mendongkrak kesuksesan usaha. Temukan lowongan kerja digital marketing di Go Talenta dan mulai bangun karir masa depanmu dari sekarang. Job Portal Lowongan Kerja & Pengembangan Karir diseluruh indonesia. Platform teraman dan Profesional yang menghubungkan Talenta Terbaik seindonesia.