Berminat Jadi Admin Finance? Ini Tanggung Jawab Dan Tugas Admin Finance

07 Juny 2023 10:16 183 Share

Admin keuangan atau admin finance adalah profesi yang pasti dibutuhkan setiap perusahaan atau bisnis apapun, baik kecil maupun besar. Pekerjaan ini berperan dalam setiap aspek keuangan perusahaan, mulai dari hal kecil hingga besar. Tentu saja, jika kamu berminat bekerja pada profesi ini, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tugas dan tanggung jawab admin finance yang akan dibahas berikut ini. 

Baca juga: Bingung Menentukan Ekspektasi Gaji? Ini Tips Menjawabnya

Tanggung Jawab

Sebelum memahami tugasnya secara lebih lengkap, berikut ini tanggung jawab utama seorang admin keuangan.

  • Menyusun perencanaan keuangan organisasi
  • Mengelola regulasi dan alur kas organisasi
  • Mengelola akuntabilitas keuangan
  • Mengawasi dan mengendalikan seluruh transaksi keuangan
  • Mencatat seluruh pendataan pemasukan maupun pengeluaran perusahaan

Kisaran Gaji

Tentunya, jika kamu tertarik dengan posisi di bidang ini, kamu perlu mengetahui kisaran gaji secara umum untuk posisi tersebut. Ini akan membantu dalam negosiasi gaji. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Glints, kisaran admin keuangan adalah berkisar Rp 3.426.000 hingga Rp 4.156.000. Kisaran ini dapat bervariasi tergantung pada lokasi kerja dan upah minimum yang berlaku.

Tugas

Beberapa tugas yang harus dilakukan seorang admin keuangan adalah sebagai berikut.

  • Mengatur Arus Uang

Karena tugas admin keuangan adalah mengelola arus kas perusahaan, aktivitas tersebut menentukan jumlah setoran yang masuk ke rekening perusahaan dan mencatat semua arus kas perusahaan. 

  • Mengurus Pembayaran Perusahaan

Tugas selanjutnya adalah mengelola pembayaran hutang perusahaan. Admin finance juga perlu mengetahui jumlah kredit yang dimiliki perusahaan agar dapat membantu mengelolanya. Selain jumlah, waktu pembayaran dan proses pembayaran juga menjadi tugas utamanya.

  •  Merencanakan Keuangan Perusahaan

Tugas ini mencakup menentukan dan mencatat besar kecilnya anggaran perusahaan, perencanaan kredit, pengelolaan kas masuk dan keluar, serta pembayaran hutang. Rencana yang ditentukan harus dipertimbangkan dengan matang agar sesuai dengan arus kas perusahaan.

  • Menyusun Kebijakan Anggaran

Jika kamu ingin menjadi seorang admin keuangan, kamu juga harus menyelesaikan penyusunan kebijakan anggaran perusahaan. Untuk bisa merumuskannya, kamu dapat merundingkannya dengan departemen lain tentang anggaran yang dibutuhkan. Selain itu, kamu berhak menentukan ROI dari uang yang dibutuhkan. 

Skill yang Dibutuhkan

Beberapa keterampilan atau skill admin finance yang harus kamu kuasai diantaranya:

  • Pengetahuan akuntansi
  • Kemampuan berhitung
  • Mahir dalam Excel
  • Teliti dan cekatan
  • Komunikasi

Demikian penjelasan tentang posisi, tugas dan tanggung jawab admin finance. Jika kamu sedang mencari pekerjaan di bidang ini, gunakan job portal Go Talenta. Job portal dengan loker paling update dari berbagai posisi dan kualifikasi.