Bingung Menentukan Ekspektasi Gaji? Ini Tips Menjawabnya

31 May 2023 10:42 61 Share

Dalam sebuah wawancara kerja, kamu pasti akan menghadapi beberapa tahap termasuk pertanyaan mengenai menentukan ekspektasi gaji. Tujuan dari pertanyaan ini sebenarnya untuk mengenali cara berpikir dan konsistensi mu dalam menjawab pertanyaan. Untuk menjawabnya, kamu harus memiliki perbandingan sendiri untuk posisi dan keterampilanmu. Berikut ini beberapa tips untuk menjawabnya.

Baca juga: Tertarik Menjadi SEO Specialist? Pelajari Langkah Pertama SEO Berikut!

1. Melakukan Riset

Secara umum, informasi gaji untuk posisi dan jabatan tertentu kurang lebih dalam kisaran yang sama. Biasanya, perbedaan gaji didasarkan oleh lokasi perusahaan, UMR, tingkat pengalaman, atau keterampilan. Jadi, sempatkanlah untuk mencari informasi lebih detail mengenai posisimu. Kamu bisa mendapatkan informasi ini di sosial media seperti LinkedIn atau website review karir. 

2. Menyesuaikan Kemampuan 

Selain menyesuaikan dengan hasil riset, untuk lebih meyakinkan perekrut, tunjukkan juga keahlian dan hasil pekerjaanmu sebelumnya. Agar lebih meyakinkan, Kamu boleh menyebutkan pencapaianmu pada posisi tersebut agar dapat diberikan gaji yang lebih tinggi. Bukti dari kemampuanmu dibuktikan dengan pencapaian sehingga ini juga menentukan kisaran gajimu.

3. Mempertimbangkan Gaji Sebelumnya

Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja, kamu harus mempertimbangkan hal ini dan menginformasikannya kepada perekrut. Beri tahu perekrut tentang gajimu sebelumnya agar  pihak perekrut menyesuaikan gajimu. Akan lebih baik jika kamu bisa menawar gaji melebihi gajimu sebelumnya. Maka dari itu, negosiasikan angka terbaik dengan membandingkan juga gaji sebelumnya.

4. Menaikkan Sedikit Jumlahnya

Hindari menawar gaji pada jumlah yang terlalu tinggi. Namun, kamu tetap bisa menawar pada nominal yang lebih tinggi. Menurut perhitungan, naikkan sekitar 15-20% dari permintaan awal atau gaji awalmu. Perhatikan juga bahwa tips ini hanya dapat dilakukan jika kamu sudah memiliki pengalaman. Kecuali jika kamu fresh graduate dengan pengalaman bootcamp, sertifikasi resmi, atau semacamnya.

5. Buka Negosiasi

Jika dalam tahap menentukan gaji, tunjukkan bahwa kamu fleksibel dan terbuka akan negosiasi. Kamu juga dapat mencoba untuk tidak menjawab pertanyaan dengan nominal langsung namun dengan kisaran. Jawaban seperti itu menandakan kamu tetap fleksibel dalam negosiasi. 

6. Melakukan dengan Sopan

Lakukan sesi negosiasi gaji dengan sopan dan ramah. Kamu tetap harus menjaga sikap dalam bertindak dan berbicara agar terlihat rendah hati. Ini penting untuk mendapatkan rasa hormat dari pihak perekrut. Selain itu, etika yang sopan juga akan menjadi nilai plus.

Itulah beberapa tips dalam menentukan ekspektasi gaji yang bisa kamu terapkan. Jika kamu seorang jobseeker aktif yang sedang mencari kerja, hanya gunakan job portal Go Talenta. Job portal dengan lowongan kerja ter-update dari berbagai bidang dan wilayah di Indonesia.