Cara Membangun Networking Untuk Menunjang Karir

19 Jan 2022 09:10 111 Share

Karir merupakan Usaha yang kamu lakukan untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman di dunia kerja dan kehidupan. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam berkarir adalah membangun networking. Dengan networking yang baik yang baik akan membuat pengkatan karir lebih terbuka. Salah satu cara untuk meningkatkan karir adalah membangun jaringan atau networking dan memperluas pertemanan dengan orang-orang di sekitarmu. Ada beberapa cara untuk membangun networking hubungan profesional yang dapat membantu karir. 

Baca juga: Persiapan Magang Yang Harus Kamu Perhatikan

 

1. Bangun Personal Branding

Membangun personal branding sangat penting untuk mengetahui ke arah mana Kamu ingin mendapatkan koneksi. Banyak cara untuk membangun personal branding dalam kehidupan salah satu caranya yang dapat dilakukan menggunakan media sosial karena banyak networking dimulai dari sosial media.

Untuk LinkedIn, sertakan pengalaman terbaru, pencapaian, sertifikasi, dan informasi relevan lainnya. Jika profil yang Kamu bangun cukup kuat, orang lain akan dengan senang hati menghubungimu.

2. Bergabung Komunitas Alumni

Tergabung dalam komunitas alumni perguruan tinggi adalah langkah yang baik untuk membangun networking. Memiliki berbagai background pekerjaan memungkinkan Kamu untuk bertemu banyak orang baru dan pada saat yang sama memperluas lingkaran pertemanan. Cara termudah untuk menemukan beberapa komunitas ini adalah dengan terkoneksi alumni universitas atau menemukannya di LinkedIn.

3. Ikuti Acara Networking

Tidak masalah apakah acara ini online atau offline. Mengikuti acara networking atau pun seminar merupakan cara yang paling efektif untuk membangun relasi mu karena disana dapat bertemu banyak orang dari berbagai perusahaan. Hal terpenting dari acara networking adalah kesempatan untuk mengenal dan membangun relasi dengan peserta acara lainnya. Fokus acara networking biasanya adalah membuat kesan pertama yang baik. Amati interaksi sesama dan coba berbaur dengan peserta lain.

4. Memanfaatkan Kontak Teman

Sangat wajar jika Kamu baru memulai networking dan akhirnya merasa bingung. Oleh karena itu, Kamu bisa meminta seorang kenalan, teman, atau kolega untuk berjejaring dengan rekan profesional lainnya. Teman-temanmu dari sekolah maupun universitas mungkin memiliki background berbeda-beda dan serupa denganmu. Ini bisa Kamu manfaatkan untuk menambah relasi.

5. Menjaga Hubungan Baik

Networking bukan berarti bertemu atau berinteraksi sebatas saat dibutuhkan. Jika Kamu ingin memiliki hubungan yang luas, Anda perlu membina hubungan itu. Hal ini dikarenakan jika Kamu sudah memiliki jaringan yang cukup luas, akan lebih sulit untuk mempertahankan hubungan secara berkelanjutan. Maka dari itu cobalah terus menjaga hubungan baik tersebut sejak awal. Minimal dengan berinteraksi singkat di media sosial.

Itu dia tips membangun networking pemula yang bisa Kamu coba. Kamu juga dapat menggunakan berbagai komunitas online untuk meningkatkan koneksi dan berdiskusi langsung dengan profesional lain dari industri yang berbeda.