Jadi Notulen Rapat? Jangan Panik, Ikuti Tips Membuat Notulen Berikut

05 Jul 2023 10:44 169 Share

Notulensi saat rapat berfungsi sebagai catatan dan dokumentasi rapat. Ada beberapa langkah yang perlu kamu pelajari untuk membuat notulen rapat yang baik dan akurat. Mungkin membuat notulen cukup sulit bagi pemula, namun jika sudah terbiasa membuat risalah rapat maka membuat risalah rapat itu mudah. Baca penjelasan di bawah ini untuk tips membuat notulen lebih lanjut. 

Baca juga: 5 Tantangan Mencari Kerja bagi Freshgraduate di Masa Kini

  

1. Selalu Catat Rekam Hadir

Selalu sertakan daftar peserta yang hadir dalam rapat. Ini merupakan hal dasar karena setiap rapat harus diketahui siapa saja pihak yang terlibat. Seusai notulen rampung, bagikan dokumen kepada seluruh peserta rapat. Kamu juga dapat mengirimkan via soft copy di masa kini. 

2. Menulis Berdasarkan Struktur Agenda

Agenda rapat dibuat untuk mengatur urutan jalannya rapat. Oleh karena itu, dalam rapat itu sendiri perlu dibentuk agenda sesuai langkah-langkah untuk mencapai tujuan rapat. Dengan mengikuti struktur yang jelas, rapat berjalan dengan lancar, dan catatan rapat pun lebih terstruktur.

3. Buat Berupa Poin-Poin

Selama rapat, semua topik penting perlu dicatat. Bentuk tulisan berupa poin-poin akan lebih mudah untuk dicatat. Fokus pada hal penting yang diucapkan serta urutkan berdasarkan poin per topiknya. Dengan begitu, hasil notulen akan diingat dan dapat dilaksanakan dengan baik oleh para peserta rapat. 

4. Merekam Rapat

Selain sebagai dokumentasi, merekam rapat baik berupa video maupun voice note bisa mempermudah penulisan notulen. Ketika ada yang terlewat, kamu bisa memutar ulang rekaman tersebut dan mengisi bagian-bagian yang belum terisi. Dengan begitu, notulensi menjadi lengkap dan sesuai dengan isi rapat.

 

Kerangka Notulen

Berikut ini kerangka format notulen yang baik dan terstruktur:

  • Judul rapat
  • Tempat dan waktu pelaksanaan rapat
  • Tujuan diadakan rapat
  • Pembahasan dan hasil keputusan rapat
  • Kesimpulan
  • Nama notulis

Itulah tips membuat notulen yang bisa kamu terapkan. Jika kamu seorang job seeker yang sedang aktif mencari kerja, hanya cari kerja dengan job portal Go Talenta. Fiturnya lengkap dan dapat mengantarkanmu pada pekerjaan impian.