Jenis Reward Karyawan Yang Bisa Diberikan Perusahaan

04 Apr 2022 09:24 84 Share

Setiap perusahaan pastinya menginginkan karyawan yang performa baik dan berkualitas tinggi. Karyawan dan perusahaan saling membutuhkan. Karyawan yang loyal dan berdedikasi dapat mendukung pertumbuhan dan kemajuan perusahaan. Begitu pula kemajuan karir mereka. Performa terbaik tidak terlepas dari kedisiplinan yang dipraktikkan setiap hari. Reward karyawan adalah bonus yang diberikan perusahaan dalam waktu atau event tertentu sebagai hasil dari kinerja yang baik. Rewards itu sendiri dapat bersifat finansial maupun non-finansial. Dibawah ini Jenis Reward karyawan yang bisa diberikan.

Baca juga: Tips Meningkatkan Employee Relationship
  • Kompensasi

Kompensasi sebenarnya adalah contoh yang biasanya diberikan perusahaan kepada karyawan yang berkinerja baik. Biasanya ada banyak jenis kompensasi karyawan, termasuk bonus dan kenaikan gaji. 

Selain itu, ada bagi hasil, yaitu upah tambahan yang bergantung pada jumlah keuntungan perusahaan. Imbalan seperti itu sering berlaku untuk perusahaan yang terlibat dalam penjualan. Ketika target dipenuhi dan mendapatkan omset tinggi, maka terdapat bonus tambahan.

  • Selebrasi

Ada banyak jenis reward karyawan selain uang, seperti pesta dan selebrasi dengan tim. Perayaan tersebut bisa berupa makan bersama setelah pulang kerja. 

Selain untuk bersenang-senang, kegiatan ini juga dapat mempererat kekompakan dan semangat tim. Bentuk kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin untuk memotivasi kerja sama tim setiap hari.

  • Apresiasi

Apresiasi merupakan bagian dari penilaian atau pun penghargaan terhadap sesuatu. Penghargaan juga merupakan salah satu jenis rewards. Nilainya tidak harus mahal, tidak harus mewah. Apresiasi secara resmi bisa perusahaan beri kepada karyawan dalam bentuk sertifikat pujian atau plakat. 

Beberapa jenis perusahaan memberi apresiasi penghargaan dengan mengumumkan kinerja karyawan teladan selama rapat. Langkah-langkah seperti itu adalah hadiah yang mendorong motivasi kerja.

  • Jatah Cuti

Tanpa disadari, jatah cuti adalah salah satu reward yang membuat karyawan senang. Terkadang kejenuhan membuat rehat sejenak menjadi sangat berharga untuk karyawan.

Ini bisa memotivasi karyawan yang datang ke kantor setelah cuti liburan mereka. Kinerja mereka yang baik juga membuat mereka pantas mendapat keuntungan cuti ini.

  • Acara Outing

Contoh reward yang satu ini sangat menarik lantaran bukan hanya menyenangkan satu pihak akan tetapi karyawan lainnya juga. Reward ini umumnya diberikan kepada satu tim atau divisi dengan performa terbaik pada tempat kerja. 

Daripada memberi reward pada masing-masing orang, akan lebih seru untuk mengadakan outing tempat kerja. Kantor bisa menyewa villa dan mengadakan game outing yang menyenangkan. 

Reward karyawan harus diberikan untuk mereka yang berprestasi, loyal tinggi, dan bekerja semaksimal mungkin. Penghargaan kepada karyawan merupakan bentuk terima kasih dan dukungan dari perusahaan. Hal ini juga bertujuan untuk memotivasi agar lebih produktif dari karyawan lain.