Ketahui Pengertian, Skill, Dan Tugas Pekerjaan Marketing Executive
03 Feb 2022 09:08 132 Share
Salah satu pilihan karir yang cukup populer saat ini adalah marketing executive. Banyak pencari kerja berminat di bidang ini. Tidak hanya lulusan komunikasi atau bisnis saja, namun kalian yang memiliki beberapa skill tertentu bisa mengisi posisi ini. Berikut hal-hal yang harus Kamu ketahui seputar pekerjaan marketing executive.
Apa Itu Marketing Executive?
Seorang marketing executive atau eksekutif pemasaran adalah orang yang menjual produk/jasa yang disediakan oleh perusahaan. Dengan kata lain, profesi ini diharapkan dapat membantu membangun hubungan baik dengan pelanggan.
Posisi ini juga menjadi yang utama dari sebuah perusahaan karena dapat menentukan apakah penjualan produk mengalami peningkatan atau mengalami kemunduran. Tugas pekerjaan marketing executive yang utama adalah untuk mencapai target dan meningkatkan penjualan perusahaan.
Baca juga: 5 Tantangan Digital Marketing Yang Harus Kamu Hadapi
Tugas Marketing Executive
Pekerjaan marketing executive meliputi tanggung jawab terkait pemasaran dan penelitian pasar, diantaranya adalah:
- Melakukan riset pasar dan audiens
- Mengorganisir pameran produk
- Melakukan analitik pasar
- Memperbarui basis data dengan sistem CRM
- Menciptakan pemasaran yang menarik bersama dengan tim desainer atau tim terkait
- Menyusun rencana iklan dan iklan
- Mengelola kampanye iklan digital
- Memantau pasar kompetitor
- Membuat laporan pemasaran berdasarkan data analisis
Keterampilan
Dari tugas-tugas pokok di atas, seorang marketing executive harus memiliki beberapa skill utama, yaitu:
-
Public Speaking
Seorang marketing executive harus mampu berbicara di depan umum. Jika Kamu melakukan pemasaran, Kamu perlu menyampaikan kepada pelanggan mengenai informasi terbaik dari produk/jasa. Ketika berbicara di depan umum, Kamu harus percaya diri.
-
Komunikasi
Sebagai seorang marketing, Kamu akan bertemu banyak orang dari berbagai tingkatan. Menjadi perantara antara bisnis dan konsumen, Kamu butuh strategi, pemikiran, dan proses kerja yang disampaikan dengan baik melalui komunikasi.
-
Analisa
Untuk menjadi seorang marketing executive, keterampilan analisis sangat dibutuhkan. Keterampilan ini mencakup analisa target pasar yang tepat, memberikan gambaran yang akurat tentang pasar, strategi pemasaran, dan penyajian data.
-
Kreativitas
Kreativitas yang dibutuhkan seorang marketing executive adalah bagaimana cara berpikir kreatif dalam berkomunikasi, menulis, menganalisis dan menyusun strategi. Kamu dituntut untuk mampu menarik konsumen dari seluruh rangkaian data pemasaran tersebut.
-
Negosiasi
Negosiasi ini akan membantumu dalam berbagai aspek dalam pemasaran. Salah satunya adalah dalam bernegosiasi masalah biaya dengan klien.
Jika Kamu ingin berkarir sebagai marketing executive, Kamu harus belajar menguasai hal-hal di atas. Temukan lowongan pekerjaan marketing executive dan banyak posisi lainnya di Go Talenta, situs yang cocok untuk Kamu para job seekers dalam mencari pekerjaan. Job Portal Lowongan Kerja & Pengembangan Karir diseluruh indonesia. Platform teraman dan Profesional yang menghubungkan Talenta Terbaik seindonesia.