5 Tantangan Digital Marketing Yang Harus Kamu Hadapi

27 Jan 2022 09:20 69 Share

Digital marketing dapat dipahami sebagai usaha dalam pemasaran atau promosi suatu brand produk, atau jasa yang dilakukan menggunakan media digital. Tujuanya adalah untuk menjangkau sebanyak mungkin pelanggan secara efektif, efisien dan efektif. Seperti halnya pemasaran konvensional, pemasaran digital tidak terlepas dari tantangan. Terlebih lagi, kini persaingan dalam digital marketing sangat ketat. Berikut merupakan tantangan digital marketing yang harus Kamu antisipasi.

Baca juga: 5 Manfaat Dari Microsoft Excel Dalam Dunia Kerja 

1. Traffic dan Lead

Mengundang traffic dan lead atau prospek marketing adalah tantangan pertama yang paling umum ketika bekerja di bidang pemasaran. Dengan begitu banyak opsi platform untuk mempromosikan konten iklan, strategi untuk menarik traffic juga telah berubah. 

Solusi yang mungkin Kamu lakukan adalah membuat konten berkualitas dan mencari tahu jenis konten yang paling diminati audience-mu. Kamu juga harus mempromosikan konten dengan cara yang menarik perhatian atau bisa dengan meningkatkan brand awareness.

2. Mengukur ROI

Mengukur Return on Investment (ROI) atau laba atas investasi  juga merupakan salah satu tantangan digital marketing. Untuk mengukur ROI, Kamu dapat menggunakan software atau analytic tools untuk memantau dan mengukur aktivitas pemasaran digital.

Pengumpulan data terkontrol dapat mendukung penghitungan ROI yang lebih sederhana. Data ROI juga harus selalu dikomunikasikan dengan data sales untuk menciptakan komunikasi dua arah antara divisi pemasaran dan penjualan.

3. Budgeting 

Tantangan lain adalah menjaga anggaran yang cukup untuk kegiatan pemasaran digital. Tanpa budgeting yang kuat, Kamu tidak dapat memaksimalkan potensi pemasaran sehingga memperlambat perkembangan perusahaan. 

Oleh karena itu, penting  untuk menunjukkan budget kepentingan digital marketing kepada pemimpin perusahaan. Kamu bisa melakukannya dengan melacak dan melaporkan performance metric untuk setiap aktivitas pemasaran.

4. Mengelola Website

Dalam digital marketing, mengelola situs web sangat penting untuk memaksimalkan perolehan leads dan penjualan. Jika Kamu tidak terbiasa atau tidak memiliki keahlian administratif, Kamu dapat mengikuti pelatihan manajemen situs web atau menggunakan layanan eksternal.

Perusahaan dapat mengelola website menggunakan alat yang mengintegrasikan website milik perusahaan dengan saluran-saluran  marketing.

5. Kompetisi yang Ketat

Dunia pemasaran digital yang semakin berkembang menjadi salah satu tantangan nyata. Hasilnya adalah persaingan dan kompetisi sangat ketat. Kamu harus fokus membuat konten berkualitas tinggi agar tetap menonjol.

Ini memungkinkan untuk unggul dari pesaing, bahkan dengan sejumlah kecil konten yang dibuat. Karena konten kualitas tinggi merupakan salah satu kesuksesan digital marketing.

Tantangan digital marketing yang paling besar memang adalah perubahan tren yang sangat cepat. Jika Kamu sedang mencari lowongan digital marketing, segera cek lowongan terbarunya di Go TalentaPlatform teraman dan Profesional yang menghubungkan Talenta Terbaik seindonesia. Terdapat lowongan dari berbagai lokasi dan tingkat profesionalisme.