Perbedaan KOL Specialist Dan Influencer Dalam Dunia Karir

13 Jan 2022 09:20 93 Share

Kebanyakan orang memang kurang memahami perbedaan antara KOL specialist dan influencer, karena keduanya terlihat sama untuk beberapa tugas. Kedua profesi ini memegang peran penting dalam menentukan opini pada dunia pemasaran marketing, terutama pemasaran di dunia maya. Namun, keduanya memiliki perbedaan sangat signifikan. Apa saja perbedaan tersebut?

Ketahui juga: Langkah Melakukan Soft Selling Untuk Meningkatkan Pemasaran

 

  • Penggunaan Sosial Media

Seorang KOL Specialist tidak selalu membutuhkan sosial media namun influencer pastilah sangat membutuhkannya. Dapat dikatakan bahwa influencer sangat bergantung kepada media sosial untuk mengembangkan niche dan followers.

Untuk KOL specialist , media sosial hanya digunakan sebagai media sementara dalam menarik audiens yang lebih besar dan meningkatkan penjualan. Tanpa media sosial, KOL specialist tetap memiliki audiens yang besar. KOL specialist bisa menggunakan media konvensional atau tradisional seperti tv dan radio.

  • Arah Komunikasi

KOL specialist berkomunikasi dalam satu arah dalam sosial media, sedangkan influencer berkomunikasi dalam dua arah. KOL specialist  jarang menanggapi pertanyaan, komentar, atau saran dari audiens. Bahkan jika mereka menjawab, jawaban tersebut dilakukan oleh asisten pribadi atau manajer media sosial mereka. Inilah membuat perbedaan KOL specialist  dan influencer, influencer perlu terlibat aktif dengan audiens dan followers, terutama dengan influencer tipe micro-influencer.

  • Jenis Konten

Salah satu perbedaan KOL specialist  dan influencer yang mencolok adalah jenis konten. Influencer sangat bergantung pada pembuatan konten viral agar menambah jumlah pengikut. Sedangkan KOL serius dalam produk dan layanan yang relevan terkait bidang & keahliannya. Dengan fungsi KOL specialist yang besar dalam hal ini, mereka mampu menjadi influencer juga. Tetapi influencer tidak bisa merangkap menjadi KOL specialist .

  • Monetisasi Jasa

Secara umum, KOL specialist cenderung tidak menerima kompensasi setelah merekomendasikan produk sesuai profesi mereka. Sedangkan influencer akan mempromosikan suatu layanan atau produk jika hadiah disepakati di awal kontrak. Namun, ada pula influencer yang tidak menerima imbalan meskipun sangat jarang.

  • Audiens

Bagi influencer, mempunyai komunitas followers merupakan hal yg paling sangat penting dan sangat krusial. Untuk alasan itulah mengapa mereka merekomendasikan produk dan juga layanan pada followers mereka. Keaslian dan kualitas konten yang mereka post secara pribadi akan menentukan audiens dan jumlah pengikut followers. KOL specialist, pada sisi lain, tidak mencari keuntungan tersebut. Kredibilitas KOL specialist tidak didasari jumlah audiens tetapi bertumpu dalam pengetahuan mereka.

Jika Kamu tertarik untuk bekerja di profesi ini, Kamu bisa memanfaatkan situs pencari kerja Go Talenta. Job Portal Lowongan Kerja & Pengembangan Karir diseluruh indonesia. Platform teraman dan Profesional yang menghubungkan Talenta Terbaik seindonesia. Kamu bisamenemukan lowongan terkait dari beragam perusahaan dan berbagai industri termasuk industri kreatif, ahensi, dan media.