Persiapan Magang Yang Harus Kamu Perhatikan

18 Jan 2022 09:39 99 Share

Selain kegiatan organisasi, mahasiswa perguruan tinggi biasanya akan menghadapi masa program magang pada semester akhir mereka. Magang atau internsip merupakan kegiatan belajar dan juga sekaligus untuk berlatih dengan secara terjun langsung pada sebuah perusahaan selama beberapa waktu. Kegiatan ini sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan. Yang paling terpenting adalah mempelajari dunia kerja agar mahasiswa dapat mengenal dan belajar dengan baik. Namun, anak magang juga kerap dilakukan oleh mahasiswa yang baru lulus. Simak beberapa persiapan magang berikut ini.

Baca juga: Tanda Lingkungan Kerja Menghambat Perkembangan Kerja

  • Cari Informasi Perusahaan

Persiapan yang perlu dilakukan pada saat magang pertama kali adalah melakukan riset perusahaan yang ingin dituju. Kamu harus mengetahui dan mempelajari apa saja budaya sampai aturan apa yang berlaku di perusahaan tersebut. Informasi ini akan membantu Kamu saat masuk menjadi karyawan magang pada perusahaan tersebut. Selain itu juga ini dapat membantu kamu menentukan kecocokan tempat magang dan juga kebutuhanmu.

  • Cari Informasi Jobdesk atau Posisi

Jika Kamu sudah mengetahui informasi tentang perusahaannya, tugas selanjutnya adalah mencari tahu jobdesk atau pekerjaan apa yang akan Kamu lakukan selama magang disana. Mengetahui detail- detail pekerjaan selama program magang disana akan memberi gambaran tentang seperti apa tugas yang akan Kamu lakukan nanti. Ingatlah untuk selalu belajar dalam setiap aktivitas yang Kamu lakukan disana.

  • Siapkan Proposal

Proposal atau laporan tentang kegiatan magang biasanya dibutuhkan oleh semua mahasiswa. Tujuannya adalah agar mahasiswa mendapatkan izin dari pihak kampus Kamu untuk mengikuti program magang tersebut. Beberapa perusahaan juga mewajibkan proposal ini harus dibawa untuk mahasiswa magang. Oleh karena itu, pastikan proposal Kamu dan juga laporan magang ini sesuai dan benar.

  • Siapkan Pertanyaan dan Data yang Ingin Dicari

Magang adalah waktu yang tepat untuk mempelajari keterampilan baru dan kehidupan profesional dalam dunia kerja. Oleh karena itu, siapkan juga pertanyaan tentang keterampilan yang ingin Kamu pelajari ketika magang disana. Pertanyaan ini dapat dirumuskan dengan analisis SWOT. Jika Kamu membutuhkan data perusahaan untuk kepentingan tugas akhir, Kamu juga harus membuat daftar kebutuhan data yang ingin diketahui dari perusahaan tersebut. 

  • Survey Akses Menuju Kantor

Sebelum memulai magang, penting sekali untuk mempelajari rute dan juga akses untuk sampai ke kantor atau perusahaan. Ini akan memudahkan Kamu di hari pertama masuk agar tidak terlambat dan juga tersesat. Kamu dapat mulai mempertimbangkan ongkos yang dikeluarkan selama program magang. Kamu dapat memperkirakan biaya bahan bakar atau ongkos transportasi umum dan akomodasi lainnya.

Itulah beberapa tips persiapan magang yang dapat Kamu lakukan. Persiapkanlah dengan baik untuk kelancaran kegiatan magangmu!