4 Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja 

06 Apr 2022 09:11 66 Share

Peningkatan produktivitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan sesuatu dalam waktu yang efisien. Peningkatan kinerja karyawan memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap pengembangan karir. Produktivitas menjadi faktor penting yang dapat meningkatkan kinerja seseorang di kantor. Tanpa menjadi produktif, performa kerjamu tidak akan meningkat.

Produktivitas tenaga kerja merupakan isu penting bagi perusahaan. Masih banyak sekali perusahaan yang belum melakukan upaya peningkatan produktivitas karyawan. Berikut ini aktivitas yang bisa meningkatkan produktivitas kerja.

Baca juga: Tips Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

1. Membuat Rencana Kerja

Perencanaan kerja pada setiap kegiatan merupakan langkah awal yang wajib dikerjaan. Membuat rencana diawal kerja haruslah wajib karena jika ingin sumber daya yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara maksimal. Rencana kerja sebelum melakukan pekerjaan dapat membantu tim untuk mencapai hasil yang lebih baik dan juga lebih efisien. 

Membuat perencanaan sekaligus membuat dan membuat target kerja semakin jelas. Kamu bisa menyesuaikan hal yang sedang kamu lakukan dengan deadline atau kebutuhan urgensi lainnya. Rencana kerja juga membuatmu lebih terorganisir sehingga memiliki time management yang baik.

2. Mulai dengan Target Kecil

Pencapayan atau target selalu dibutuhkan pada dunia kerja, tanpa target maka tujuan yang diingin atau dicapai pun menjadi tidak jelas. Coba lakukan aktivitas simple dari membuat target kecil. Tanpa Kamu sadari, membuat target dari hal sederhana akan meningkatkan produktivitas kerja. Membuat pencapayan tidak hanya untuk menjadi tujuan, tetapi dapat menjadi penyemangat kerja yang harus dicapai bagaimanapun caranya.

Misalnya, Kamu bisa menargetkan untuk menyelesaikan pekerjaan beberapa jam sebelum deadline, akan memberikan self-reward setelah menyelesaikan pekerjaan tertentu, dsb.

3. Hindari Gangguan

Gangguan bisa datang darimana saja. Ketika saat berkerja, terkadang suka mengalami gangguan yang membuat dirimu tidak fokus dan menyebabkan penurunan aktifitas kerja. Penting untuk mengetahui kondisi dan situasi di sekitarmu. Jadi, Kamu bisa menghindari gangguan baik dari eksternal maupun internal. Beberapa contoh gangguan ketika dikantor seperti canda gurau, gosip ataupun orbrolan kecil ketika jam kerja. Jauhi hal-hal yang membuat distraksi dan berakhir menghambat pekerjaan.

4. Membangun Jaringan

Membangun koneksi kerja itu penting untuk kesuksesan profesional mu. Koneksi kerja tidak hanya saling mengenal satu sama lain, tetapi tentang peluang untuk saling menguntungkan dan berbagi infomasi sehingga dibutuhkan pemahaman tentang bagaimana cara membangun koneksi.

Jaringan dan koneksi yang profesional akan mengantarkanmu pada kebiasaan baik. Coba untuk lebih produktif dengan menemukan koneksi yang memotivasi. Memiliki koneksi karir yang luas pun sebenarnya merupakan suatu produktivitas dalam bidang karir.

Melakukan beberapa aktivitas meningkatkan produktivitas kerja di atas meningkatkan produktivitas asal dilakukan secara konsisten. Tentunya, kinerja yang semakin tinggi mampu menciptakan perkembangan karir yang lebih baik.