5 Tips Memilih Kata-Kata Menarik Pada CV

12 Oct 2022 09:12 91 Share

Menuliskan kata-kata yang menarik, unik, dan menonjol adalah aspek penting dari pembuatan CV. HRD menyeleksi ratusan bahkan ribuan CV pada setiap proses rekrutmen. Meskipun ada yang menggunakan ATS, CV tetap akan mengalami proses screening oleh HRD. Untuk itu, Go Talenta akan membagikan tips memilih kata-kata menarik pada CV.

Baca juga: Resiko dan Kekurangan Mencari Kerja Online 

1. Pilih Kata Unik

Kata kerja yang paling banyak digunakan seperti “pekerja keras, jujur, berkontribusi, menyelenggarakan”, dsb. merupakan kata yang terlalu umum. Kata-kata tersebut hampir selalu ada di setiap CV. Selain itu, makna yang disampaikan juga kurang menonjol. 

Kamu bisa menggantinya dengan kata “beretos kerja tinggi, berhasil dalam suatu project, atau berkomitmen” sebagai kata yang lebih memberikan kesan luar biasa. Pemilihan kata yang unik akan membuat HRD melirik skill yang Kamu miliki dan berpotensi menjadi salah satu kandidat pilihan.

2. Cari Kata Positif yang Tidak Ambigu

Beberapa kata yang sering digunakan dalam CV seperti “perfeksionis, bekerja dengan tim, ambisius”, dsb. memiliki makna ambigu. Perfeksionis bisa berarti Kamu bekerja lambat, bekerja dengan tim bisa berarti Kamu tidak mampu bekerja secara individu, dan ambisius bisa berarti Kamu sangat terpaku untuk mencapai tujuan tanpa memperhatikan prosesnya.

Coba cari kata-kata yang lebih kreatif dan tidak bermakna ambigu. Kamu bisa menggunakan kata “mampu bekerja sesuai tenggat waktu, supel dan mudah bersosialisasi, kreatif dan inventif”. Makna yang disampaikan di balik kata-kata tersebut mengarah pada hal positif dan tidak ambigu.

3. Pilih Kata yang “Menunjukkan”

Memilih kata yang memamerkan keberhasilanmu dalam pekerjaan akan lebih menarik di dalam CV. Tulis kata-kata yang menunjukkan bahwa kamu telah melakukan pekerjaan dengan skill yang Kamu miliki. Melalui deskripsi jobdesk masa lalu mu, Kamu bisa menuliskan kata-kata dengan maksud menunjukkan prestasi.

Beberapa kata yang bisa Kamu gunakan seperti “meningkatkan, berhasil dalam, melebihi target, terbukti telah”, dsb. Dengan pemilihan kata-kata serupa, CV mu bisa “bercerita” tentang pencapaianmu di dunia kerja sehingga HRD juga bisa mengetahui hasil kerjamu.

4. Deskripsi yang Lebih Personal

Agar HRD tertarik, Kamu bisa memilih kata yang lebih personal dalam mendeskripsikan diri. Hobi atau kepribadian yang positif bisa menjadi salah satu daya tarik diantara ribuan pelamar lainnya. Terutama jika Kamu melamar di bidang pekerjaan yang mengharuskan bertemu dengan banyak orang.

Kamu bisa memilih kata “humoris, senang bergaul dengan banyak orang, ceria, penuh semangat, baik dalam memberi saran”, dsb. Dengan begitu, HRD mendapat bayangan yang lebih baik dan spesifik tentang dirimu dan juga mengetahui kecocokan pribadimu dengan lowongan yang dibuka.

5. Fokus pada Pengembangan Diri

Pada CV mu, Kamu harus fokus pada pengembangan diri di setiap posisi yang Kamu miliki. Jika Kamu memiliki lebih dari satu pengalaman, tuliskan deskripsi job desk yang menunjukkan bahwa Kamu semakin berkembang. Tuliskan pencapaian yang Kamu miliki di setiap peranan pekerjaan.

Tunjukkan kepada HRD bahwa Kamu selalu belajar lebih baik pada setiap kesempatan. Rangkai kata-kata sesuai poin-poin sebelumnya menjadi deskripsi yang menarik. Promosikan dirimu dalam kalimat yang berisi kata-kata kuat, jelas, serta menunjukkan peningkatan diri.

Itulah beberapa tips memilih kata-kata menarik pada CV. Mencari kerja di masa kini sangatlah lumrah menggunakan job portal secara online. Gunakan Go Talenta sebagai platform utamamu. Terdapat fitur i-profile yang berperan sebagai CV digital dengan kelengkapan informasi diri. Tentunya, fitur tersebut membuat jobseeker lebih mudah dalam mempromosikan diri.