Apa Saja Persiapan Interview Online Yang Harus Kamu Lakukan?

11 Jan 2022 09:05 134 Share

Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan dalam berbagai hal. Kini sebagian pekerjaan menjadi serba online termasuk proses rekrutmen kerja karyawan. Proses interview atau wawancara kerja biasanya menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet, maupun aplikasi video conference lainnya. Berikut ini tips persiapan interview online agar proses rekrutmen kerja dalam berjalan lancar.

Pastikan Kamu sudah baca: Hindari 5 Kesalahan Mencari Kerja Berikut!

 

  • Perhatikan Detail Interview

Setelah menerima undangan, Kamu berhak bertanya kepada HRD tentang mekanismenya. Lengkapi informasi seperti apa aplikasi online yang digunakan selama wawancara? Pastikan sebelumnya Kamu telah mengunduh dan menyelidiki aplikasi yang diminta oleh HRD.

Berapa lama interview akan berlangsung? Dan apakah interview yang dilakukan adalah interview HR atau beserta user?

  • Siapkan Perangkat

Interview online dapat dilakukan dengan menggunakan PC atau smartphone. Jika Kamu menggunakan laptop, siapkan webcam atau sesuaikan pencahayaan untuk meningkatkan kualitas gambar selama interview

Gunakan headset atau headphone dengan mikrofon untuk menghindari kebisingan sekitar. Ini juga membuat audio lebih jernih. Selain itu, pastikan koneksi internet di area rumah kuat dan stabil. Perhatikan baterai perangkat dan juga penempatan meja dan kursi yang nyaman.

  • Berlatih

Seperti halnya persiapan wawancara umum, ada baiknya untuk berlatih terlebih dahulu. Dan jangan lupa memastikan Kamu memahami platform yang digunakan. Latihan yang Kamu lakukan bisa dengan merekam sampel wawancara dan memutarnya kembali nanti untuk mengatur kata-kata yang Kamu gunakan.

Siapkan beberapa pertanyaan interview online yang mungkin ditanyakan seperti deskripsi diri, pengalaman, dan kelebihan serta kelemahan diri. Penting untuk berlatih di depan cermin agar bisa menentukan postur tubuh, ekspresi wajah, dan body language lainnya.

  • Berpenampilan Rapi

Menjaga penampilan harus menjadi prioritas persiapan interview online meskipun tidak bertemu langsung dengan perekrut. Perekrut tidak hanya menilai kualitas jawabanmu, tetapi juga memperhitungkan motivasi dan kepribadian yang tercermin dari penampilan.

Pastikan Kamu terlihat bersih, rapi dan profesional. Kenakan kemeja atau blazer dan dasi. Juga, pastikan rambut disisir rapi dan menggunakan sedikit make up bagi wanita.

  • Menyiapkan Catatan

Ketika wawancara jangan lupa untuk menyiapkan hala-hal yang kecil seperti catatan buku, kertas, dan pena di dekatmu atau buka aplikasi notes di pc. Hal ini penting apabila ada informasi tambahan saat interview. Kamu bisa langsung mencatatnya agar tidak lupa.

Dengan catatan tersebut, Kamu juga bisa fokus akan hal yang ingin ditanyakan lagi. Jangan lupa siapkan pertanyaan untuk pewawancara karena hal tersebut akan menjadi nilai plus.

Persiapan interview online pada dasarnya sama dengan mempersiapkan interview tatap muka. Agar proses wawancara berjalan lancar, Kamu perlu menguasai beberapa hal teknis yang menunjang interview agar berjalan lancar.