Ditugaskan Untuk Perjalanan Dinas? Persiapkan Hal-Hal Berikut!

10 Sept 2024 10:24 136 Share

Perjalanan dinas atau bisnis adalah salah satu hal yang paling umum pada dalam dunia kerja. Perlu diingat bahwa perjalanan ini adalah bagian dari aktivitas kantor Anda karena dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Tujuan dari perjalanan dinas atau bisnis juga beragam, contohnya ada yang melakukan audit dikantor cabang, bertemu dengan client dan lain-lain. Banyak orang beranggapan bahwa urusan ini mudah, padahal Anda perlu mempersiapkan perjalanan dengan baik agar pekerjaan tetap berjalan lancar.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Keluhan Pelanggan Dengan Profesional

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Kelengkapan Dokumen

Baik perjalanan bisnis domestik maupun internasional, perlu disiapkan dokumen khusus untuk memudahkan perjalanan dinas. Beberapa jenis dokumen tersebut perlu dipersiapkan dari jauh hari agar akses perjalanan dapat berjalan dengan baik. Perhatikan kelengkapan surat tugas Anda, paspor dan visa untuk perjalanan internasional, surat kesehatan jika diperlukan, dan untuk masa pandemi ini, tentu saja Anda butuh surat tes Covid-19 dan kelengkapan sertifikat vaksin.

  • Cek Akomodasi Perjalanan

Pastikan terlebih dahulu apakah transportasi dan akomodasi perjalanan Anda diurus penuh oleh perusahaan atau harus Anda urus sendiri. Pada beberapa kasus, perusahaan hanya memberikan uang saku dan kepentingan lainnya diurus mandiri oleh pegawai. Jangan sampai Anda tidak mengeceknya. Jika Anda sudah memastikan hal tersebut, Anda bisa mengatur dengan rinci mengenai akomodasi agar tidak terlambat dalam urusan bisnis.

  • Jaga Kesehatan

Kesehatan fisik adalah modal awal bagi perjalanan kantor. Terutama di masa pandemi seperti ini, kuatkan stamina Anda dengan menjaga kesehatan dan olahraga yang cukup. Apabila Anda melakukan perjalanan dalam rangka survei lapangan, pastikan fisik Anda bugar. Tidur yang cukup, makan makanan yang sehat, dan lakukan olahraga ringan beberapa hari sebelum perjalanan bisnis Anda dimulai. Konsumsi lah vitamin yang banyak guna untuk pempertahankan imun.

  • Atur Schedule Bisnis

Untuk perjalanan kerja, biasanya akan melibatkan pelanggan atau partner di kota tujuan. Bisa saja Anda diminta untuk menemui partner kerja di suatu meet point untuk menghadiri rapatUrutkan schedule dengan cermat dan terjadwal agar tidak ada agenda yang terlewatkan.

  • Siapkan Outfit yang Cocok dan Cukup

Seperti halnya  perencanaan traveling, perjalanan kerja memerlukan persiapan pakaian dan tampilan yang sesuai. Saat bekerja di kota tujuan, pastikan Anda dapat menyesuaikannya kondisi acara, di dalam atau di luar ruangan. Jangan hanya menyiapkan pakaian pribadi saja. Ketika ada meeting formal siapkan lah jas atau pakaian formal lainnya. Jika kedaan non formal siapkan lah pakaian bagus dan rapih. 

Untuk kelancaran perjalanan bisnis, pastikan semuanya sudah dipersiapkan dengan baik dan tidak ada yang kurang. Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan perjalan dinas atau pun bisnis.