5 Tantangan Mencari Kerja Bagi Freshgraduate Di Masa Kini

21 Jun 2023 10:31 90 Share

Ketika akhirnya lulus kuliah, kamu pasti merasakan kelegaan tersendiri. Itu hanya titik awal pertempuran yang akan semakin sulit. Mencari pekerjaan sebagai lulusan baru tidaklah mudah. Seorang fresh graduate juga biasanya masih minim pengalaman sehingga harus bersaing dengan para pekerja yang sudah profesional. Selain itu, ada beberapa tantangan mencari kerja bagi fresh graduate lainnya.

Baca juga: 5 Contoh Deskripsi Diri pada CV yang Menarik
  • Masih Kurang Pengalaman

Di antara banyak kandidat, perekrut cenderung menyukai kandidat dengan pengalaman kerja, bahkan jika mereka memiliki sedikit pengalaman di industri atau spesialisasi yang sama. Tidak dapat disangkal bahwa mendapatkan IPK bagus dan gelar dari universitas ternama sangat membantu. Namun, dengan pengalaman kerja nyata, seseorang akan lebih cepat diterima dalam dunia kerja. Anda dapat memperoleh pengalaman kerja melalui magang atau berpartisipasi dalam proyek dengan dosen.

  •  Ketatnya Kompetisi

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi fresh graduate saat mencari pekerjaan adalah persaingan yang ketat. Pada saat yang sama dengan kamu lulus, ribuan lulusan dari universitas lain juga lulus. Beberapa jurusan bahkan lebih kompetitif, sehingga sulit bagi lulusan baru untuk menonjol dari yang lain. Setiap orang harus benar-benar memiliki kelebihan yang unik agar bisa melebihi yang lain.

  • Kemampuan Negosiasi Masih Lemah

Ini juga merupakan tantangan dan dilema tersendiri. Gelar sarjana tidak selalu menjadi jaminan bahwa kita akan mendapatkan gaji yang tinggi pertama kali. Bahkan, gaji yang kami terima terkadang di bawah UMK. Kita harus berpikir dengan hati-hati sebelum menerima pekerjaan yang gajinya terlalu kecil. Sebisa mungkin, kita harus menegosiasikan upah agar kerja keras kita tidak disalahgunakan. 

  • Harus Melepas Idealisme

Selama kuliah, mahasiswa biasanya gagasan yang sangat kuat tentang pekerjaan impian. Sebenarnya baik untuk memiliki impian dan harapan di bidang karir. Hanya saja terkadang, saat kita menghadapi realita kehidupan kerja, ada hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan dan keinginan kita. Bahkan jika kita ingin menerima sesuatu, terkadang kita harus mengorbankan hal lainnya. 

  • Kurang Percaya Diri saat Wawancara 

Penting bagi seorang lulusan baru mempelajari wawancara kerja yang baik. Secara umum, seseorang dengan kepercayaan diri tinggi dianggap lebih inovatif, berani mengambil risiko, dan tahan krisis. Banyak lulusan baru masih kurang percaya diri dalam wawancara kerja sehingga jawaban yang diberikan pada recruiter kurang lengkap, tidak menarik, atau masih terbata-bata.

Dalam menghadapi tantangan mencari kerja bagi fresh graduate, berlatih dan mencari tau mana cara yang benar sangatlah penting. Jika kamu masih mencari kerja dengan cara lama atau konvensional, kamu akan lebih banyak memakan waktu dan tenaga. Cari kerja hanya di Go Talenta, job portal terkini dengan loker dari segala jenjang posisi. Temukan pekerjaan sesuai minat dan bakatmu sekarang.