Kenali Perbedaan Profesi IT Support Dan IT Helpdesk

03 Sep 2024 10:17 140 Share

Mungkin Kamu pernah mendengar tentang profesi IT Support atau IT Helpdesk. Di suatu perusahaan khususnya departemen IT atau engineer, posisi ini hampir selalu ada.

Pada dasarnya, IT support dan IT helpdesk adalah bagian dari pekerjaan IT. Posisi ini lebih sering membantu pelanggan dan user lain. Keduanya memainkan peran yang penting dalam pemberian solusi.

Tahukah Kamu apa perbedaan keduanya? Simak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya.

Baca juga: 5 Pentingnya Portofolio Untuk Posisi Programmer

 

IT Support

IT support adalah bidang pekerjaan yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem jaringan, peningkatan dan evaluasi terhadap objek komputer, instalasi, dan software.

Job desk yang dilakukan posisi ini adalah:

  • Memperbarui sistem operasi dan aplikasi yang dijalankan pengguna
  • Melakukan pengecekan aplikasi pengguna
  • Mengatur browser yang biasa digunakan pengguna maupun perusahaan
  • Menjaga keamanan sistem dari segala ancaman termasuk virus
  • Melakukan backup data software atau komputer
  • Memastikan seluruh perangkat pengguna terhubung ke jaringan dan berjalan baik
  • Memastikan data di komputer pengguna aman

IT Helpdesk

Helpdesk dalam konteks ini adalah departemen atau tim yang bertanggung jawab untuk menjawab berbagai pertanyaan dari pengguna terkait masalah teknis. Secara tidak langsung, tugas IT helpdesk tidak jauh berbeda dengan layanan pelanggan untuk bagian teknologi. Sebagian besar perusahaan IT memiliki departemen ini untuk menjawab berbagai pertanyaan pengguna.

Job desk yang dilakukan posisi ini adalah: 

  • Mendengarkan keinginan user dan menyelesaikan masalah mereka
  • Menganalisa solusi terbaik untuk masalah user
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan terkait IT service perusahaan
  • Bertanggung jawab mengatasi masalah teknis yang dihadapi pengguna
  • Membuat laporan tertentu atas permasalahan dan penyelesaian masalah

Tabel Perbedaan

Dari penjelasan diatas keduanya, dapat disimpulkan perbedaan kedua posisi tersebut dalam tabel di bawah ini.

Perbedaan

IT Support

IT Helpdesk

Pengertian

Posisi yang mengembangkan sistem jaringan, evaluasi sistem, dan operation maintenance.

Posisi yang menyelesaikan masalah user terkait sistem, memastikan kepuasan user, meningkatkan IT service perusahaan.

Job Desk utama

Berkaitan dengan teknis sistem, jaringan, dan perangkat agar berjalan lancar.

Berkaitan dengan pengguna dan membantu memecahkan masalah sistem yang mereka alami.

Skill utama

Programming, coding, pengetahuan support ticket, pengelolaan PC dan sistem dasar, membaca application logs, pemikiran analitik yang baik dan ketelitian yang tinggi.

Berpikir kritis, pemikiran analitik yang baik, emotional intelligence, empati, dan pemahaman sistem.

Jika Kamu tertarik dengan posisi terkait IT di suatu perusahaan, tentukanlah mana yang lebih sesuai dengan skill dan kemampuanmu. Kamu bisa cari lowongan kerja posisi terkait di Go TalentaJob portal dengan lowongan ter-update dari segala golongan kepegawaian. Platform teraman dan Profesional yang menghubungkan Talenta Terbaik seindonesia.