Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Mengirim Lamaran Kerja

03 Mar 2022 09:04 90 Share

Job seekers, tahukah kalian kalau waktu pengiriman lamaran kerja itu bisa mempengaruhi peluang Kamu diterima? Keahlian, pengalaman, dan CV memang menjadi faktor utama. Tapi jangan sampai melewatkan waktu yang tepat untuk mengirim lamaran kerja. Kamu pasti tidak mau kan terlambat atau malah diabaikan HR karena mengirim di waktu istirahat? Yuk simak artikel ini.

Baca juga: Peregangan Ringan Yang Bisa Kamu Lakukan Di Sela Waktu Kerja

Hari Kerja

Sebenarnya, waktu yang tepat untuk mengirim lamaran kerja paling utama adalah secepat mungkin saat loker ditayangkan. Dalam kurun waktu seminggu pertama, loker juga masih fresh dan Kamu harus memanfaatkan waktu ini.

Pada dasarnya, setiap hari kerja adalah waktu yang tepat. Bagian HR atau talent acquisition juga bekerja seperti karyawan lain. Mereka tidak diwajibkan melakukan pekerjaan di hari libur.

Maka dari itu, kirim lamaran kerja mu baik melalui email, WhatsApp, atau berkas langsung di hari kerja.

Pagi atau Sore Hari

Sebenarnya waktu ini berkaitan dengan jam kerja. Jangan sampai terlalu pagi ataupun di malam hari. Perekrut biasanya standby mengerjakan pekerjaan di waktu-waktu kerja.

Kamu juga lebih baik menghindari waktu istirahat makan siang. Menurut data dari Business Insider, waktu pagi hari yang paling cocok adalah sebelum jam 10 pagi dan sore hari sebelum jam 4 sore.

Setelah Jam Makan Siang

Menurut data dari Rencanamu, waktu setelah jam makan siang atau tepatnya jam 1 sampai 2 siang adalah waktu dengan peluang terbaik. Pada jam-jam tersebut, pekerjaan karyawan berada di grafik yang cukup lengang sehingga kemungkinan perekrut scrolling email maupun WhatsApp lamaran kerja.

Surat lamaran fisik pun berpeluang dicek para rekruter pada waktu-waktu ini. Setelah jam 2 siang, biasanya kesibukan kembali datang dan mereka akan melanjutkan pekerjaan lainnya. 

Sesuaikan dengan Industri / Budaya Kantor

Untuk beberapa industri seperti industri media dan kreatif, mungkin waktu mereka lebih fleksibel dan memang ada beberapa diantara perekrut yang mulai menyeleksi saat weekend. Jika Kamu juga mengetahui waktu kerja suatu kantor yang terus masuk dalam seminggu, Kamu bisa mengirim pada akhir pekan.

Waktu yang Berbeda untuk Job Portal

Jika waktu-waktu sebelumnya ditujukan untuk lamaran kerja via email, WhatsApp, dan lamaran langsung, kali ini sedikit berbeda untuk job portal. Karena job portal memiliki fitur khusus mengurutkan pelamar berdasarkan waktu, Kamu tidak perlu memperhatikan waktu tertentu.

Cukup melamar secepatnya saja, sebagaimana semakin cepat semakin besar peluangmu. Tapi, walaupun Kamu dianjurkan untuk sesegera mungkin melamar posisi yang baru dibuka, Kamu harus persiapkan dulu seluruh syaratnya.

Supaya tidak ribet, Kamu bisa gunakan fitur “Bookmark” seperti yang ada di Go Talenta. Kamu bebas melengkapi dahulu dokumen persyaratan atau riset posisi sebelum kembali mengunjungi halaman lowongan. Fitur ini sangat praktis, cukup klik bagian bookmark dan Kamu sudah menandai lowongan. Lowongan akan otomatis ada di bagian bookmark di bagian atas beranda.

Waktu yang tepat untuk mengirim lamaran kerja bisa meningkatkan peluang lamaranmu diterima. Meskipun begitu, terus tingkatkan skill dan aspek lainnya agar Kamu menjadi kandidat yang terbaik.