Tips Tetap Kompetitif Dan Unggul Saat Mencari Kerja

28 Juny 2023 13:00 108 Share

Pendidikan yang baik tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan di era yang sangat kompetitif seperti saat ini. Karena jumlah pencari kerja yang sangat banyak setiap tahunnya, kamu harus memiliki keunggulan tersendiri agar bisa menarik minat perusahaan. Beberapa tips tetap kompetitif saat mencari kerja berikut ini bisa kamu terapkan setelah lulus kuliah.

Baca juga: Bingung Menentukan Ekspektasi Gaji? Ini Tips Menjawabnya

1. Memperluas dan Menjaga Relasi

Hadiri acara dan pertemuan yang berkaitan dengan industri serupa dengan karirmu. Kamu juga bisa menghubungkan koneksi dengan profesional di LinkedIn dan bergabunglah dengan asosiasi profesional yang relevan. 

Selain itu, jaga setiap hubungan baik dengan teman-teman maupun dosen dan guru saat masih kuliah. Membangun hubungan dapat membantumu mempelajari peluang kerja baru dan mendapatkan rujukan dari orang-orang di industri yang kamu minati. 

2. Mempelajari Berbagai Bahasa Asing

Bahasa asing yang paling penting tentu saja pengetahuan bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang paling sering digunakan dalam kehidupan kerja. Sehingga jika kamu memahaminya dengan baik, kamu akan lebih mudah mendapatkan lebih banyak kesempatan kerja. 

Pengetahuan bahasa asing lainnya seperti Mandarin, Arab, Prancis, dan lainnya tentu menjadi nilai tambah. Perusahaan berkembang secara global dan membutuhkan karyawan yang dapat berbicara dengan orang-orang dari berbagai negara. Selain itu, ada pekerjaan tertentu yang membutuhkan pengetahuan lebih dari satu bahasa.

3. Melatih Public Speaking 

Memiliki public speaking yang baik akan sangat menguntungkan bahkan saat kamu berada di proses wawancara kerja. Dengan public speaking yang baik, kamu akan bicara dengan lebih luwes dan tetap menyampaikan maksud pembicaraan dengan baik.

Selain itu, hampir seluruh pekerjaan membutuhkan kemampuan public speaking karena pasti akan ada masa dimana kamu harus melakukan presentasi. Keunggulan ini sangat dibutuhkan terutama di masa kini orang lebih terpaku pada teknologi dan semakin merasa canggung untuk berbicara secara langsung.

4. Mengejar Jenjang Pendidikan 

Pada beberapa bidang, gelar sarjana dapat meningkatkan penghasilanmu secara signifikan dan membantu Anda mendapatkan pekerjaan. Secara khusus, sektor-sektor seperti perbankan dan keuangan, bisnis, politik dan perdagangan seringkali hanya merekrut lulusan universitas.

Dalam sisi negosiasi gaji, semakin tinggi jenjang pendidikan maka semakin tinggi peluangmu mendapat nominal yang lebih besar. Di samping itu, kemampuan akademis akan membantumu dalam pemikiran, pengetahuan dasar, dan pengelolaan emosi.

5. Meningkatkan Personal Branding

Hal ini menjadi poin penting karena kini semuanya terkoneksi secara digital. Topik ini juga menjadi lebih diperhatikan karena banyak orang yang mulai menyadari pentingnya personal branding secara profesional. Kamu dapat menggunakan berbagai jenis media sosial untuk menunjukkan siapa dirimu, apa keahlian, dan bahkan bagaimana kamu menjalani hidup.

Beberapa perusahaan besar mengikuti kandidat mereka melalui media sosial. Itulah mengapa penting bagimu untuk menggunakan media sosial dengan bijak dan memanfaatkannya untuk menunjang karir.

Beberapa topik di atas bisa kamu jadikan cara untuk tetap kompetitif saat mencari kerja. Jika kamu seorang fresh graduate yang sedang aktif mencari kerja, gunakan job portal Go Talenta. Fiturnya lengkap dan loker yang ada pun beragam sehingga bisa kamu cari sesuai dengan minat dan bakat.