5 Tips Memilih Webinar Yang Tepat Untuk Pengembangan Karir

01 Mar 2022 09:05 79 Share

Webinar adalah pertemuan atau metting online biasa menggabungkan beberapa jenis presentasi seperti pendidikan atau pun pelatihan. Sejak pandemi covid 19 pafa tahun 2019, metode pembelajaran online melalui webinar semakin naik daun. Meskipun metode ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun kini banyak para vendor pun berlomba-lomba untuk membuka webinar pengembangan karir. Untuk Kamu yang bingung memilih webinar diantara banyaknya pilihan, ini dia beberapa tipsnya.

Baca juga: Pentingnya Kursus Online Untuk Peningkatan Karir

1. Menentukan Tema yang Ingin Anda Pelajari

Langkah yang paling awal merupakan tetapkan tema menarik untuk dipelajari. Apakah Kamu ingin meningkatkan skill? Atau mengikuti kursus dari forum profesional dan mendapatkan sertifikasi?

Atau apakah Kamu hanya ingin mengikuti webinar saja untuk mengisi ketika luang dan hobi? Kamu wajib menentukan topik mana yang ingin Kamu pelajari buat memilih kelas yang sempurna.

2. Cari Tahu Pembicara

Coba cari tahu siapakah pembicara yang diangkat pada webinar tersebut. Apakah pembicara tadi memang sudah profesional? Bagaimana cara pembawaannya? Pembicara haruslah seseorang profesional pada suatu bidang. 

Minimal mereka telah beranjak selama beberapa tahun dan telah mempunyai output konkret. Anda bisa mencari tahu background pembicara tersebut dari sosial media.

3. Sinopsis Webinar

Sebelum memutuskan untuk memilih webinar, Kamu perlu membaca terlebih dahulu sinopsis dan pembahasan di dalamnya. Cari tahu sedalam apa materinya dan apakah ada sesi tanya jawab.

Untuk webinar berbayar, Kamu juga perlu pertimbangkan jika sinopsis yang diberikan terlalu mendasar. Pembahasan yang terlalu mendasar mungkin bisa Kamu temukan di video di platform gratis.

4. Cari Tau Benefitnya

Ini lebih fokus untuk webinar berbayar. Selain mendapatkan ilmu, apa lagi yang bisa Kamu dapatkan? Beberapa webinar gratis bahkan memberikan sertifikat keikutsertaan.

Bagi Kamu yang mengikuti webinar untuk kebutuhan profesi, tanyakan apakah vendor menyediakan sertifikat yang ditandatangani oleh tim panitia. Selain itu, bisa saja Kamu mendapat benefit lain seperti merchandise atau voucher kursus online.

5. Komitmen Waktu

Kalau Kamu telah menentukan dan mendaftarkan suatu webinar, Kamu harus berkomitmen dan berpartisipasi pada setiap aktivitas tersebut. Pastikan Kamu menyesuaikan kegiatanmu pada hari itu dengan jadwal webinar. Agar pembelajaran bisa diserap menggunakan optimal, buatlah catatan atau poin-poin penting yang Kamu pelajari.

Itu dia beberapa tips untuk memilih webinar yang bisa Kamu coba. Selain webinar, Kamu juga bisa meningkatkan pengetahuan karirmu dengan join komunitas profesional. Salah satunya dengan bergabung di Go Talenta, situs Job portal pekerjaan yang tidak hanya menawarkan pekerjaan tetapi juga komunitas karir dan pengembangan diri. Portal pengembangan pekerjaan dan karir di seluruh Indonesia. Platform teraman dan paling profesional yang menyatukan talenta terbaik Indonesia.