Pentingnya Kursus Online Untuk Peningkatan Karir

24 Feb 2022 09:19 82 Share

Kursus online atau pembelajaran online adalah serangkaian pengalaman pendidikan yang menggunakan jaringan digital untuk interaksi, pembelajaran, dan diskusi. Kursus daring tidak memerlukan pertemuan tatap muka di lokasi fisik. Kursus daring semakin marak saat ini. Akses ini juga harus Kamu manfaatkan demi peningkatan karir. Meskipun Kamu sudah memiliki pekerjaan, tidak ada salahnya meng-upgrade skill dengan ikut kursus. Berikut ini alasan pentingnya kursus online bagi pekerja.

Baca juga: Tips Mengoptimalkan Profil Digital Pada Job Portal

1. Industri Bergerak Cepat

Segala industri bergerak dengan cepat sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini. Hal ini mengharuskan Kamu untuk mengimbangi kecepatan pada saat di lapangan.

Apapun bidang profesimu, Kamu akan dituntut untuk berpikir kritis lebih cepat, memiliki skill yang semakin berkembang, dan kemampuan adaptasi dengan tantangan baru. Jika Kamu tidak mampu, Kamu bisa segera tergantikan dengan orang lain.

2. Lebih Murah

Saat memilih kursus online atau offline, biaya kursus seringkali menjadi pertanyaan dan titik perbandingan yang penting. Dalam hal ini, kursus online sering kali lebih murah dari pada kursus offline sambil menawarkan kualitas pembelajaran yang sama. 

Biaya kursus online jauh lebih murah. Bahkan ada banyak platform menawarkan kursus gratis yang tersedia. Selain itu, meskipun dikenakan biaya, biaya berlangganan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budgetDari paket berlangganan mingguan, bulanan, dan tahunan hingga langganan kursus tertentu. Ilmu yang Kamu peroleh dapat terbilang sangat murah loh.

3. Banyak Pilihan

Pilihan kursus dan kelas sangat beragam. Ini menjadi hal yang bisa Kamu pertimbangkan dalam memperhatikan manfaat pentingnya kursus online.

Kamu bisa bebas memilih materi, pengajar, metode belajar, sampai topik kursus. Kamu juga bebas memilih ingin meningkatkan suatu skill atau belajar skill baru.

4. Mempersiapkan Diri dalam Persaingan

Seiring dengan tren kursus daring yang juga semakin marak, banyak orang yang kini mengikutinya dan memperoleh banyak ilmu baru. Bukan sebatas ikut-ikutan, tapi kursus daring juga mendatangkan manfaat.

Kamu akan bersaing dengan para pekerja lain yang sudah lebih siap secara pengetahuan. Bahkan mungkin diantara mereka sudah banyak yang mengaplikasikan pelajaran ke dunia kerja.

5. Peluang Dipilih Recruiter

Banyak kursus daring yang memberikan sertifikasi dan ujian akhir. Sertifikat tersebut bisa Kamu lampirkan sebagai pendamping CV.

Selain itu, saat melakukan wawancara pekerjaan setidaknya Kamu sudah memiliki ilmu dasar dan ini akan menambah penilaian positif di mata perekrut.

Itu lah beberapa manfaat dari pentingnya kursus online. Selain mengikuti pelatihan pendidikan seperti kursus, coba juga untuk berbagi informasi pekerjaan bersama koneksi. Kunjungi platform pekerja Go Talenta dimana Kamu bisa mencari pekerjaan, menambah koneksi dengan posting seputar karir, dan menambah pengetahuan melalui halaman blognya.