7 Tren Pekerjaan 2023 Yang Banyak Dicari Perusahaan

29 Dec 2022 11:16 94 Share

Banyak orang menunggu pergantian tahun 2022 ke 2023. Karena biasanya akan ada pergantian tren pekerjaan dan awal tahun menjadi masa dimana perusahaan banyak membuka lowongan baru. Lalu, tren pekerjaan 2023 seperti apa yang paling diminati?

Baca juga: Kenali Kutu Loncat Dalam Pekerjaan, Istilah Ramai di LinkedIn

1. Web Developer

Di masa kini, website ibarat wajah perusahaan di dunia maya. Bisnis menggunakan website untuk menyajikan profil perusahaan, serta untuk mengiklankan dan juga untuk menjual produk dan layanan. Setelah masa pandemi, ketergantungan perusahaan terhadap teknologi juga semakin tinggi.

Web developer sendiri merupakan pekerjaan yang bertugas membuat website perusahaan agar mudah diakses dan menarik konsumen. Situs web perusahaan juga harus diperbarui secara berkala untuk mencerminkan tren terkini. Seiring dengan hal tersebut, pekerjaan web developer menjadi semakin banyak dibutuhkan.

2. Analis Data

Untuk pekerjaan analis data di tahun 2023, fokusnya lebih kepada berbagai jenis data untuk kebutuhan tertentu. Pada umumnya, penggunaan data untuk pengambilan keputusan penting bagi perusahaan atau lembaga yang berkaitan dengan pengembangan bisnis. Analis data adalah orang yang bertanggung jawab untuk melakukan analisis data dan penelitian dengan menggunakan alat khusus. 

Di dunia korporat, analis data melakukan penelitian untuk pemasaran atau pengembangan produk, serta memeriksa aktivitas target pasar mereka di Internet. Analis data adalah tren pekerjaan 2023 yang saat ini banyak diminati di dunia bisnis karena perilaku, selera, dan tren berubah sangat cepat di dekat target pasar.

3. Digital Marketing

Setiap platform digital memiliki tren dan cara kerjanya masing-masing untuk memasarkan produk. Peran digital marketing sangat dibutuhkan untuk memasarkan produk atau jasa apapun melalui platform digital tersebut. Inilah mengapa digital marketing menjadi pekerjaan yang tren di tahun 2023.

Apalagi dengan tren media sosial yang berubah sangat cepat, pemasar digital juga perlu beradaptasi dengan cepat. Posisi tersebut menjadi kunci bagi sebuah perusahaan untuk dapat bersaing di era yang serba digital ini.

4. Business Development

Pekerjaan ini menjadi tren pekerjaan yang sangat dibutuhkan tahun 2023 untuk kinerja dan analitik bisnis. Business development adalah salah satu posisi yang mencari cara di mana interaksi dari tiga saluran (pelanggan, pasar, dan hubungan bisnis) harus bisa menciptakan peluang pertumbuhan bisnis.

Seorang business development tidak hanya berusaha mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat. Namun juga perlu memikirkan strategi jangka panjang untuk mempromosikan bisnis. Dengan kata lain, business development harus terus menghasilkan peningkatan penjualan agar perusahaan tetap untung.

5. AI Engineer

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence adalah pengembangan sistem komputer yang memungkinkan pelaksanaan tugas-tugas berbasiskan kecerdasan manusia. Contohnya seperti visual, suara, dan dan terjemahan bahasa. AI sendiri juga merupakan simulasi kecerdasan manusia yang dibuat oleh mesin.

AI engineer adalah orang yang berurusan dengan pengembangan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi kecerdasan buatan. Pekerjaan ini memiliki peran dalam suatu organisasi untuk berkoordinasi dengan analis data dan analis bisnis untuk memahami konsep dan layanan kepada pengguna serta berkoordinasi dengan data analyst untuk mengimplementasikan model sistem.

6. Copywriter

Di era internet sekarang ini, peran copywriter selalu dibutuhkan, karena setiap pekerjaan membutuhkan penulis sebagai salah satu aspek pengembangan produk. Seorang copywriter bertujuan untuk membuat tulisan lebih persuasif agar memikat calon pelanggan. 

Pekerjaan ini diperlukan dalam pembentukan branding atau meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk perusahaan. Selain itu, untuk kepentingan headline konten sosial media dan caption pun akan lebih menarik dengan skill copywriting

7. Manajer Proyek

Manajer proyek adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengatur, merencanakan, dan melaksanakan proyek sesuai dengan anggaran dan jadwal. Manajemen proyek juga bertanggung jawab untuk memimpin tim, menetapkan tujuan, berkomunikasi dengan pemangku kepentingan, dan memimpin proyek dari awal hingga akhir.

Manajer proyek juga memiliki tanggung jawab dalam menentukan strategi proyek, mengevaluasi dan memahami kebutuhan proyek, menganalisis dan melibatkan para profesional yang diperlukan, dan memantau kemajuan pekerjaan. Namun, project manager ini merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan perusahaan pada tahun 2023.

Setelah mengetahui tren pekerjaan 2023, segera perbarui CV dan dokumen lamaran kerjamu. Kamu bisa menggunakan job portal GO TALENTA agar proses melamar kerja lebih mudah dan cepat. Dengan Go Talenta, Kamu cukup melengkapi profil dan jelajahi berbagai lowongan kerja dari berbagai industri dan tingkat profesionalisme.