5 Tips Mencari Kerja Saat Bulan Puasa

05 Apr 2023 08:29 74 Share

Kini kita telah memasuki bulan Ramadhan dimana mayoritas orang sedang berpuasa, tidak terkecuali para jobseeker. Meski sedang berpuasa, kamu harus tetap bisa produktif dalam mencari kerja. Salah satu keberkahan bulan Ramadhan bagi para pencari kerja mungkin saja adalah mendapatkan pekerjaan baru. Berikut ini beberapa tips mencari kerja saat bulan puasa. 

Baca juga: Butuh Healing dari Burnout Kerjaan? Simak Cara Efektifnya!

1. Bijak Mengatur Waktu 

Beberapa sumber mengatakan bahwa mencari pekerjaan selama Ramadhan kurang efektif dan mungkin melelahkan. Namun, proses mencari kerja tetap optimal selama kamu bisa mengatur waktu dengan baik. Memilih waktu untuk mengirim lamaran di bulan puasa sebenarnya tidak berbeda dengan hari biasa karena jam kerja di perusahaan pun tidak berbeda jauh.

Selain untuk mengirim lamaran, waktu wawancara juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Jika kamu merasa waktu undangan wawancara berada pada saat dimana kamu tidak berkonsentrasi penuh atau sedang fokus pada kegiatan lain, cobalah untuk melakukan reschedule dengan alasan yang jelas.

2. Tidak Menunda

Segera kirimkan lamaran kerja dan gunakan waktu luangmu yang lain untuk mempersiapkan dan meneliti informasi yang diperlukan. Meskipun sedang berpuasa, kamu harus tetap bersemangat mencari kerja. Banyak orang menjadikan puasa sebagai alasan untuk menunda pekerjaan.

Jika kamu menunda melamar kerja, ini akan menunda kesempatanmu juga. Tidak apa jika kamu ingin beristirahat dulu atau fokus pada ibadah, asalkan kamu tetap produktif.

3. Merapikan CV dan Dokumen

Untuk menghilangkan rasa malas maupun mengisi waktu luang saat puasa, ada baiknya kamu meng-upgrade tata letak CV, cover letter, dan portofolio kamu agar lebih ringkas dan menarik. Selain itu, rapikan juga berkas-berkas tersebut agar lebih mudah dibaca oleh HRD.

Anda juga dapat mengekspresikan sisi kreatif Anda saat membuat dokumen aplikasi. Jangan biarkan kesalahan kecil tapi mengganggu dokumen pelengkap lamaran mu. 

4. Tetap Mencoba

Pasti ada keraguan untuk mengajukan lamaran selama bulan Ramadhan. Jangan ragu akan perusahaan yang tidak menerima karyawan saat bulan puasa karena pada faktanya masih ada perusahaan yang membutuhkan karyawan di setiap waktu. Persiapkan seluruh dokumen lamaran dengan baik. Karena kamu harus tetap melamar sebanyak-banyaknya pekerjaan yang relevan dengan kemampuanmu.

5. Membentuk Personal Branding

Meski bulan Ramadhan, para perekrut tetap melakukan pekerjaannya. Beberapa rekruter mengecek media sosial kandidat yang melamar atau sekedar mencari nama kandidat di mesin pencari. Oleh karena itu,coba bangun personal branding yang baik dan menonjolkan keterampilanmu.

Kamu bisa membaca tips membangun personal branding di sini. Jangan lupa untuk meng-update LinkedIn karena sekarang LinkedIn berperan cukup penting dalam branding diri. 

Tips Tetap Semangat Produktif 

Selama bulan Ramadhan, apakah semangatmu sering menurun? Padahal, puasa seharusnya tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Mencari kerja juga merupakan salah satu aktivitas produktif. Jika kamu sering merasa tidak semangat, coba terapkan beberapa tips berikut ini.

  • Sahur dan berbuka dengan makanan yang cukup
  • Meningkatkan ibadah agar puasa tetap maksimal
  • Atur jam tidur yang cukup
  • Fleksibel dalam melakukan aktivitas sehari-hari
  • Memperhatikan jadwal dan mengaturnya agar tidak terlalu padat maupun terlalu lengang
  • Menyeimbangkan waktu istirahat dan manajemen stres yang baik

Itulah beberapa tips mencari kerja saat puasa yang bisa menjadi pertimbangan para pencari kerja saat ini. Semoga tips ini dapat membantu para pencari kerja mempersiapkan bulan puasa dan mendapatkan pekerjaan impiannya.