Mental Dan Kepribadian Yang Harus Dimiliki Fresh Graduate

27 Apr 2022 09:50 114 Share

Jumlah lulusan baru dan milenial yang baru saja lulus terus bertambah dari seluruh Indonesia setiap tahunnya. Jumlah ini membuat mereka pada fresh graduate terpaksa saling bersaing untuk mendapatkan pekerjaan impian mereka. Di sisi lain, perusahaan pasti hanya memilih kandidat terbaik. Berikut mental dan kepribadian fresh graduate yang harus Kamu miliki.

Baca juga: Apa Fungsi Personal Branding Dalam Peningkatan Karir?

1. Mudah Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi sangat penting bagi lulusan baru. Setelah lulus, Kamu akan bekerja dengan berbagai kalangan.

Maka dari itu sebagai fresh graduate harus cepat menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungan baru. 

2. Tahan Banting

Kamu harus bisa menghadapi berbagai situasi. Selain itu, Kamu tidak bisa mudah menyerah. Sebagai lulusan baru, Kamu akan menemukan banyak hal baru baik itu tantangan maupun kesempatan.

Kamu harus tahan dalam berbagai keadaan. Selain untuk menjadi pribadi yang kuat, Kamu juga bisa mengetahui dimana passion terbaikmu dengan mentalitas ini.

3. Problem Solving

Di dalam dunia kerja, masalah bisa muncul dari berbagai aspek. Kemampuan dalam melihat masalah dan menentukan pemecahan terbaik harus Kamu latih dengan baik.

Kamu harus mampu memikirkan metode pemecahan masalah yang sesuai, kritis, kreatif, dan efektif.

4. Tepat Waktu

Ketika Kamu bekerja, manajemen waktu sangat penting. Kamu tak bisa menunda pekerjaan atau berleha-leha. Ketika Kamu tidak tepat waktu dan terlambat dalam suatu hal, itu bisa mempengaruhi keseluruhan pekerjaanmu.

Kamu bisa gagal memenuhi deadline. Tepat waktu yang berkaitan dengan kehadiran pun sama pentingnya dalam pekerjaan.

5. Anti Gaptek

Zaman sekarang semuanya serba canggih. Sebenarnya semua kalangan dituntut agar tidak ketinggalan teknologi. Namun seringkali sebagai fresh graduate, Kamu diandalkan lebih dalam hal ini.

Lagi pula, kini generasi muda sangat baik dalam beradaptasi dengan teknologi. Maka tetaplah up to date agar tidak gaptek atau gagap teknologi.

Sebagai fresh graduate, Kamu bisa mulai mencari-cari pekerjaan dari berbagai sumber. Salah satunya adalah dari job portal. Go Talenta merupakan platform mencari kerja yang lengkap, terpercaya, serta memiliki banyak fitur. Cari kerja jadi mudah dan efektif dengan Go Talenta.